Beauty

Micellar Water Bisa Gantikan Pembersih Wajah, Benar atau Salah?

Micellar water memang cukup efektif meringkas tahapan pemakaian skincare.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Menggunakan satu produk skincare untuk menggantikan fungsi produk lainnya memang sangat praktis. Salah satunya adalah menggunakan micellar water untuk menggantikan cleanser. Namun, apakah benar-benar bisa?

Membersihkan wajah hanya menggunakan micellar water memang sangat mudah dan efektif. Micellar water juga mampu membersihkan makeup mata dan bibir sekaligus.

Hal ini berkat partikel minyak yang berukuran ultra kecil dalam micellar water dapat bereaksi sebagai pembersih. Partikel micellas juga bisa mengunci kelembapan pada kulit sehingga membuat terhidrasi.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu basah. (Unsplash/Septian Simon)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash/Septian Simon)

Dibanding pembersih berbasis alkohol, micellar water lebih aman digunakan karena tidak mengikis kelembapan kulit. Hanya saja jika kamu memilih membersihkan wajah hanya dengan menggunakan micellar water, itu memang dapat dilakukan asal tidak menggunakan makeup tebal.

Membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water saja mungkin bisa dilakukan sesekali jika memang kamu sedang berpergian dan ingin membawa barang yang lebih ringan.

Meski begitu, tetap lebih baik jika micellar water tidak dijadikan satu-satunya andalan tanpa diikuti dengan produk pembersih lainnya, terlebih kalau sedang menggunakan makeup cukup tebal. Tetap akan ada kotoran sisa makeup yang tertinggal di kulit kamu.

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

Oleh karena itu, disarankan tetap menggunakan pembersih wajah lainnya untuk mencegah pori-pori tersumbat.

Sebelumnya, ada tren 10 tahap skincare ala Korea Selatan. Namun, ternyata untuk sebagian orang justru metode ini tidak menimbulkan efek yang diharapkan, seperti mengalami iritasi kulit.

Inilah yang membuat banyak orang beralih memakai micellar water demi mempersingkat tahapan skincare yang sedang dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini