Tuai Kritikan, Miss India 2019 Dianggap Terobsesi dengan Standar Kecantikan

Publik India beranggapan finalis Miss India cenderung berkulit putih dan mempunyai wajah yang mirip.

By: Vika Widiastuti icon Senin, 03 Juni 2019 icon 08:00 WIB
Tuai Kritikan, Miss India 2019 Dianggap Terobsesi dengan Standar Kecantikan

Finalis Miss India 2019. (Instagram/@missindiaorg)

Sebuah ajang kecantikan di India baru-baru ini menjadi sorotan. Pesona para finalis Miss India 2019 baru-baru ini mendapatkan kritikan tajam dari publik setempat.

Dilansir dari laman BBC, berawal dari foto para finalis yang dikumpulkan menjadi satu kolase, membuat banyak orang memberikan kritik karena dianggap terlalu terobsesi dengan standar kecantikan khusus.

Standar kecantikan khusus yang dimaksud di sini adalah wanita berkulit putih. Kolase foto yang diterbitkan di surat kabar Times of India adalah milik kelompok penyelenggara konten kecantikan tahunan.

Baca Juga: Modis dan Nggak Norak, Intip Padu Padan Baju Couple ala Priyanka Chopra

Diperlihatkan dalam gambar tersebut, ada 30 potret diri wanita yang 'cantik'. Jika dilihat secara seksama, ternyata keseluruhan dari peserta ajang Miss India tersebut memiliki karakteriktik yang sama.

Mereka semua mempunyai rambut yang tertata rapi, mengkilap, panjang sebahu, dan dengan warna kulit yang hampir identik. Setelah foto tersebut viral, para kritikus menyatakan bahwa tidak ada yang salah dengan citra para wanita itu sendiri.

Finalis Miss India 2019. (Twitter/@Naa_Cheese)
Finalis Miss India 2019. (Twitter/@Naa_Cheese)

Permasalahannya ada di ajang itu sendiri karena kurangnya keragaman warna kulit. Hal itu menunjukkan kurangnya India dalam bersikap adil dalam mendefinisikan 'cantik'.

Baca Juga: Manis, Priyanka Chopra dan Nick Jonas Tampil Bak Pengantin Baru di Cannes

Seperti yang diketahui bahwa ajang Miss India adalah awal dari karier sejumlah superstar Bollywood. Di antaranya adalah Priyanka Chopra. Maka tak heran jika banyak wanita India berlomba-lomba untuk menjadi pemenang di ajang ini.

Baca Juga: Sosok Ini Jadi Inspirasi Priyanka Chopra Tampil Nyentrik di Met Gala 2019

Finalis Miss India 2019. (Instagram/@missindiaorg)
Finalis Miss India 2019. (Instagram/@missindiaorg)

Kontes kecantikan memang menjadi bisnis serius di India sejak pertengahan 1990-an. Negara ini telah menghasilkan beberapa Miss India yang terkenal, seperti Aishwarya Rai, Sushmita Sen, dan tentunya Priyanka Chopra.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI