Amankah Perawatan Wajah Pakai Sperma? Simak Penjelasan Dokter

Dokter mengakui manfaat sperma bagi kulit, tapi ada hal lain yang mesti diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 Juni 2019 icon 10:00 WIB
Amankah Perawatan Wajah Pakai Sperma? Simak Penjelasan Dokter

Perawatan wajah. (Shutterstock)

Apapun akan dilakukan perempuan demi mendapatkan kecantikan yang diinginkan, mulai dari melakukan perawatan wajah yang biasa hingga ekstrem. Namun, benarkah sperma aman digunakan untuk masker wajah?

Nah, salah satu isu yang cukup fenomenal belakangan ini adalah soal perawatan wajah menggunakan masker sperma. Sperma diyakini bisa membuat wajah jadi awet muda. Konon katanya, dengan cara mengoleskan sperma ke wajah, kulit bisa menjadi kencang dan kinclong.

Baca Juga: Kata Dermatolog, Ini Ciri Krim Mata Paling Aman

Benarkah demikian? Mengutip pernyataan dokter Priscilla Johanna, konsultan kesehatan dari Youtube Chanel Go Dok Indonesia, dikatakan berdasarkan beberapa penelitian, sperma memang mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

"Umumnya kandungan yang ada dalam sperma itu mampu membuat melembabkan dan membuat kulit bercahaya," ungkap dokter Prisilla.

Hanya saja, penggunaan sperma (masker sperma) ternyata ini tidak dianjurkan dari sisi medis karena ada potensi alergi yang ditimbulkan sehingga dapat menyebabkan masalah kulit.

Baca Juga: Serum Es Batu, Tren Kecantikan Ini Terlalu Mudah Diterapkan

Penjelasan dr. Priscilla Johana soal masker sperma [youtube go dok]
Penjelasan dr. Priscilla Johana soal masker sperma (youtube go dok)

"Maka, jangan sampai niat hati ingin meremajakan kulit dengan masker sperma, hasilnya malah membuat kulit jadi iritasi dan kering," jelas dia kemudian.

Selain itu, dr. Prisilla menyebut ada lagi hal yang lebih berbahaya di samping membuat kulit jadi kering dan iritasi akibat menggunakan masker sperma, yakni dapat menyebabkan timbulnya masalah penyakit menular seksual.

"Jika Anda tertarik ingin menggunakan masker sperma, penting sekali untuk memperhatikan beberapa hal. Jangan-jangan, ada beberapa jenis penyakit yang terkandung di dalam sperma (virus PMS). Seperti Hepatitis B, gonore, siifilis, atau HIV, dan lain sebagainya," ujar dia.

Baca Juga: Flawless Setiap Saat, Tips Membuat Kulit Wajah Lebih Sehat dan Cerah

Wah, jadi bagaimana, nih? Ada yang masih penasaran perawatan wajah pakai masker sperma? (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI