Wajib Dihindari, Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Sekitar Mulut Cepat Muncul

Ada yang sering kamu lakukan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 Juli 2019 icon 17:00 WIB
Wajib Dihindari, Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Sekitar Mulut Cepat Muncul

Kerutan rawan muncul di sekitar mulut. (Unsplash/Brandi Redd)

Garis di sekitar mulut merupakan salah satu tanda penuaan paling awal. Penyebab utamanya memang usia, tapi ada beberapa kebiasaan lain yang bisa membuat kerutan ini muncul lebih cepat.

Apa saja? Dilansir dari Femail, Dr Rekha Tailor, seorang spesialis kosmetik non-bedah top berbagi kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan munculnya garis di sekitar mulut.

1. Memakai sedotan

Baca Juga: Kerutan di Wajah Tak Bikin Minder, Ini Alasan Dewi Sandra

Minum pakai sedotan menjadi cara yang disukai banyak wanita agar lipstik tidak menempel pada gelas. Namun gerakan berulang-ulang menghirup sedotan membutuhkan bibir yang mengerut. Jika ini dilakukan terus menerus selama periode waktu tertentu, itu bisa menyebabkan garis di sekitar bibir.

2. Bersiul

Mirip dengan menyeruput sedotan, bersiul dalam waktu lama membutuhkan kerutan berulang-ulang pada bibir sehingga berkontribusi pada kerutan kulit di sekitarnya.

Baca Juga: Mending Pilih Operasi Plastik atau Tanam Benang?

Ilustrasi marah. (Unsplash/Christian Fregnan)
Ilustrasi marah. (Unsplash/Christian Fregnan)

3. Cemberut

Dipopulerkan oleh Instagram dan pecinta selfie, pose cemberut sangat umum dilakukan saat berfoto. Namun pose cemberut berulang-ulang dari waktu ke waktu akan memberi efek yang merugikan pada kehalusan kulit di sekitar bibir dan harus dihindari.

Kerutan di Sekitar Mulut. (Shutterstock)
Kerutan di Sekitar Mulut. (Shutterstock)

4. Merokok

Baca Juga: Lakukan Rutinitas Sederhana Ini untuk Kurangi Kerutan Wajah

Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh yang berkontribusi terhadap munculnya tanda penuaan dini. Sangat mungkin bahwa gerakan berulang-ulang dengan menarik rokok memicu kerutan di sekitar tepi bibir yang menciptakan efek 'pendarahan' bibir.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI