Beauty

Bahan Sampo Alami Juga, Ketahui 5 Manfaat Kaolin Clay

Kaolin Clay tidak cuma baik untuk perawatan wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Perawatan wajah dengan clay mask barangkali sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, apakah Anda juga telah merasa familiar dengan kaolin clay?

Kaolin sendiri merupakan sebuah bukit di China sekaligus lokasi pertama ditemukannya clay yang ramah kulit kering ini. Warnanya putih dan bertekstur sangat lembut. Semakin tampak putih dan bening, semakin bagus khasiatnya bagi kulit.

Clay mask umumnya memiliki sifat kering sehingga mampu menyerap minyak berlebih secara maksimal di wajah. Hanya, hal itu membuat masker ini jadi tidak ramah pemilik kulit kering.

Namun, kaolin mask dapat dibilang jenis clay mask paling lembut sehingga aman digunakan pada kulit kering, salah satunya berkat kandungan pH netral dan silica dioxide di dalamnya.

Nah, dilansir dari Style Craze, inilah beberapa manfaat kaolin clay untuk perawatan kecantikan :

1. Mengontrol minyak berlebih

Layaknya clay mask lain, kaolin clay juga berfungsi mengontrol minyak berlebih pada wajah. Bedanya, masker ini bekerja tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Itulah kenapa cocok digunakan para pemilik kulit kering dan sensitif.

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

2. Eksfoliasi dan detoksifikasi

Sisa kotoran, polusi, dan bakteri bakal dibersihkan secara maksimal. Kaolin clay juga tidak menyumbat pori-pori kulit sehingga rawan menyebabkan jerawat. Sel kulit mati juga bisa dibersihkan tanpa menyebabkan kemerahan maupun iritasi.

3. Mencerahkan kulit

Penggunaan kaolin clay mampu memberikan efek mencerahkan kulit. Masalah warna kulit yang tidak merata juga bisa diatasi. Namun, prosesnya tidak instan. Dibutuhkan waktu panjang dan ketelatenan untuk hasil optimal.

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

4. Mengatasi iritasi kulit

Tak seperti clay mask umumnya, kaolin justru mampu menenangkan kulit, termasuk meredakan peradangan pada kulit.

Namun, bukan berarti dia bisa jadi obat tunggal untuk iritasi kulit, melainkan sekedar alternatif sementara. Selanjutnya Anda tetap membutuhkan bahan lain seperti gel lidah buaya.

5. Sampo alami

Kaolin clay bukan cuma bermanfaat untuk perawatan wajah, tetapi bisa juga membersihkan kulit kepala. Dapat dijadikan sampo alami, terlebih mengingat kemampuannya dalam menghilangkan kotoran, minyak, serta debu.

Selain itu, kaolin clay dipercaya berkhasiat memperkuat akar rambut serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini