Keuntungan Pakai Makeup Vegan, Apa Saja?

Makeup vegan diklaim lebih sehat ketimbang makeup biasa.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 November 2019 icon 21:00 WIB
Keuntungan Pakai Makeup Vegan, Apa Saja?

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Gaya hidup vegan atau berusaha semaksimal mungkin menghindari eksploitasi hewan, kini memang semakin menjadi tren. Bukan cuma dari sisi makanan, tapi juga sampai pemilihan produk makeup.

Sonia Gracia, Founder of MadebyRuna yang memproduksi makeup tanpa unsur hewani mengklaim bahwa makeup vegan lebih sehat dibanding produk kosmetik lainnya.

"Keunggulan kita dari ingredients everything vegan, everything non toxic, kebanyakan juga vegan nggak ada paraben dan non toxic, jadi bener-bener super clean. Aku juga ada tulisan ingredients list aku, bahkan formula kita udah disetujui BPOM," ujar Sonia di Woke Space, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019) kemarin.

Baca Juga: Ditipu Makan Nugget Ayam, Wanita Ini Melapor ke Polisi

Berbeda dengan makeup kebanyakan yang memang fokus untuk riasan tebal, mak-up yang dibuat selama 3 tahun lamanya oleh Sonia ini diperuntukkan riasan sehari-hari yang tidak tebal.

Sonia Gracia (baju biru) Founder of MadebyRuna yang memproduksi make-up vegan saat menjadi pembicara di acara Jakarta Vegan Guide di Woke Space, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019). (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
Sonia Gracia (baju biru) Founder of MadebyRuna yang memproduksi make-up vegan saat menjadi pembicara di acara Jakarta Vegan Guide di Woke Space, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019). (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Uniknya, varian lipstik miliknya tidak ada yang menggunakan waterproof karena memakai silikon dalam pembuatannya.

"Sebenarnya emang kita nggak transfer proof. Kalau transfer proof itu dipakai silikon yang banyak banget sampai dia nggak lepas," jelas Sonia.

Baca Juga: Ahli Mata Melarang Penggunaan Maskara Setiap Hari, Ternyata Ini Bahayanya

Alhasil, bibir kering, pecah-pecah, hingga terkelupas tidak akan terjadi dengan makeup berkonsep vegan ini. Belum lagi, Sonia juga memastikan kandungan kimianya tidak akan masuk ke dalam kulit, serta mudah dihilangkan sehingga kulit bibir lebih sehat.

Ilustrasi makeup share in jar. (Unsplash/ANDI WHISKEY)
Ilustrasi makeup vegan. (Unsplash/ANDI WHISKEY)

"Buat ngelupasin kulit, aku lebih usung comfort daripada kecantikan atau tahan kelamaan dan murah tapi merusak. Pewarnanya itu juga bisa dihilangin dengan air, itu sangat sehat," jelasnya.

Baca Juga: Bukan Bubuk atau Krim, Kini Sedang Tren Makeup dengan Tekstur Jelly

Selebihnya, Sonia ingin lebih mengedukasi bahwa kecantikan memang penting. Namun, penting juga dampak yang dihasilkan pada kulit. Proses produksi hendaknya juga tidak menyakiti binatang dan lingkungan tetap terjaga untuk bekal kehidupan di kemudian hari. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI