Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing

Perawatan kulit bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Mei 2020 icon 13:00 WIB
Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing

Mentimun. (Unsplash/Nathalia Rhea)

Persediaan produk skincare habis tapi ragu keluar rumah untuk membeli yang baru? Atau, ada tuntutan berhemat untuk menekan pengeluaran? Mencoba perawatan kulit dengan bahan alami di rumah mungkin dapat menjadi solusi.

Bukan rahasia lagi kalau beberapa bahan alami yang biasanya tersedia di dapur rumah tangga bisa dipakai untuk perawatan kecantikan. Cara memanfaatkannya juga terbilang mudah.

Dirangkum dari Boldsky, berikut 8 bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit glowing di rumah.

Baca Juga: Terlalu Awet Muda, Ibu 30 Tahun Ini Bagikan Tips Perawatan Kulitnya

Pasta tomat. (Shutterstock)

1. Tomat

Tomat dikenal efektif membantu mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan tomat juga bermanfaat melawan radikal bebas sehingga membantu mencegah penuaan dini.

Bagaimana cara memanfaatkan tomat untuk perawatan wajah? Pertama, potong tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan pada seluruh wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Baca Juga: Mau Kulit Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Mudah Berikut

Kedua, campurkan pasta tomat dengan 1 sendok teh yogurt dan madu, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit hingga kering, kemudian bilas sampai bersih.

2. Buah-buahan

Pada dasarnya, buah-buahan merupakan sumber makanan yang baik untuk kulit. Hal itu berkat kandungan vitamin C yang merupakan agen alami peremajaan kulit, termasuk membantu mengatasi masalah pigmentasi.

Nah, ketika kamu memotong buah untuk dimakan di rumah, simpan beberapa irisan tipis dalam freezer hingga sekitar 2 jam. Setelahnya, gosokkan buah-buahan beku itu di wajahmu dan diamkan selama 10-15 menit.

Ilustrasi kunyit. (Shutterstock)

3. Kunyit

Kunyit juga memiliki manfaat baik untuk perawatan kulit, termasuk mencerahkan wajah. Kunyit bisa membantu menenangkan kulit yang meradang serta meningkatkan produksi kolagen.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan masing-masing sesendok dadih atau air susu yang dikentalkan dan madu. Aduk semua bahan, kemudian jadikan masker wajah. Aplikasikan di wajah dan tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Lemon

Lemon memang sudah cukup terkenal bermanfaat mencerahkan kulit. Tidak heran kalau banyak produk skincare yang memasukkan bahan alami ini dalam komposisinya.

Meski begitu, jangan langsung oleskan air lemon di wajahmu. Buatlah pasta dengan dengan mencampurkan masing-masing satu sendok makan air lemon dan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian tepuk perlahan kulitmu hingga mengering.

5. Madu

Madu mempunyai sifat antibakteri, antimikroba, serta antiinflamasi. Madu juga termasuk bahan alami untuk perawatan kulit glowing.

Caranya, ambil madu asli dan oleskan saja ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu dibersihkan dengan air hangat.

Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)

6. Timun

Berkat kandungan airnya yang tinggi, timun bisa diandalkan untuk menyejukkan dan menenangkan kulit yang iritasi akibat terbakar sinar matahari.

Kupas dan parut timun, kemudian jadikan sebagai masker wajah alami. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas menggunakan air.

Kamu juga dapat memanfaatkan timun untuk mengatasi mata kelelahan akibat terlalu lama memandang layar gadget selama di rumah. Caranya, potong timun menjadi irisan tipis, lalu masukkan kulkas. Setelah sekitar sejam, tempelkan di atas mata selama 5-10 menit.

7. Kopi

Bubuk kopi yang bertekstur kasar tak cuma baik untuk eksfoliasi tapi juga menutrisi kulit sehingga tampak lebih cerah.

Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi biji kopi. (Shutterstock)

Coba campurkan satu sendok makan bubuk kopi dan madu. Oleskan pada wajah, lalu gunakan gerakan memutar untuk menggosok wajahnya selama 3-5 menit. Setelah itu, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

8. Teh hijau

Sifat antioksidan pada teh bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas, termasuk efek buruk paparan sinar matahari, serta menambahkan kilau alami pada kulit.

Baca Juga: Siap-Siap! 5 Tren Makeup Ini Bakal Hits Pasca Karantina Covid-19

Bagaimana cara memanfaatkan teh hijau untuk perawatan kulit di rumah? Seduh teh hijau, lalu sisihkan ampasnya. Campurkan teh hijau dan jus lemon dengan perbandingan 1:1. Gunakan sebagai masker wajah selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersuhu normal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI