Beauty

Mengenal Foundation untuk Setiap Jenis Kulit, Awas Salah Pilih!

Agar tampilan makeup Anda maksimal, kenali dulu perbedaan tiap jenis foundation.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Foundation (Pexels/Carolina)
Ilustrasi Foundation (Pexels/Carolina)

Dewiku.com - Saat memakai makeup, pemilihan foundation menjadi sesuatu yang penting. Pemilihan foundation yang salah dapat berdampak pada hasil makeup tidak optimal.

Foundation yang tepat bisa membuat kulitmu terlihat mulus. Sebaliknya, jika sampai salah pilih, tampilan makeup akan mudah pecah atau tidak merata.

Merangkum Boldsky, ada beberapa jenis foundation yang tersedia di pasaran seperti foundation cair hingga foundation berbentuk bedak.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut perbedaan setiap foundation serta cara memilih foundation berdasarkan jenis kulit.

Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Valeriia)
Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Valeriia)

1. Liquid foundation (foundation cair)

Ini merupakan jenis foundation yang paling populer dan banyak digunakan. Foundation cair bersifat mudah diratakan, baik dengan beauty blender atau kuas makeup.

Secara umum, foundation cair jauh lebih cocok dipakai untuk jenis kulit kering. Namun, sekarang sudah ada foundation cair yang bisa digunakan kulit berminyak.

Bagi kamu pemilik kulit berminyak, pilih foundation cair yang bersifat water-based. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan foundation cair bersifat oil-based.

2. Pressed powder foundation

Foundation jenis bedak padat ini cocok digunakan kamu yang mempunyai kulit berminyak. Foundation ini juga merupakan salah satu yang populer.

Pressed powder foundation mampu menyerap minyak yang ada di kulit. Namun, jangan menggunakannya berkali-kali karena lapisan foundation yang tebal akan membuat wajahmu terlihat tidak natural.

Kalau ingin memilih foundation jenis ini, cari warna yang sedikit lebih muda dari warna kulitmu. Foundation jenis ini dapat memberikan tampilan matte jika digunakan dengan tepat.

Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Pixabay)

3. Loose powder foundation

Foundation satu ini  juga kerap disebut mineral foundation. Walau tergolong baru, foundation ini cocok digunakan oleh mereka dengan kulit sensitif.

Loose powder foundation cenderung memberikan tampilan ringan dan lembut di kulit. Saat menggunakannya, kamu bisa memakai kuas makeup.

Foundation ini juga cocok diaplikasikan pada kulit kering. Poin plusnya, kamu bisa memakai loose powder foundation sebagai pengganti bedak saat melakukan touch up.

4. Cream foundation

Biasanya hadir dalam bentuk stik, jenis foundation satu ini tergolong tahan lama dan bisa membuat kulit tetap terhidrasi. Cream foundation bisa bertahan hingga 10 jam lamanya.

Foundation ini paling cocok diaplikasikan dengan menggunakan beauty blender. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menutupi noda atau kerutan di wajah.

Cream foundation paling cocok digunakan pada jenis kulit kering. Foundation ini akan membuat kulit memiliki tampilan matte atau dewy tergantung tipenya.

Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Nika)
Ilustrasi Foundation Makeup (Pexels/Nika)

5. Mousse foundation

Terakhir, ada mousse foundation yang bertekstur ringan saat dipakai di kulit. Foundation ini punya tampilan mirip whipped cream.

Jenis foundation ini bisa membuat kulitmu tampak lebih mulus. Sayangnya, mousse foundation hanya bertahan 2-3 jam setelah dipakai. Sisi positifnya, mousse fondation cocok dipakai segala jenis kulit.

Berita Terkait

Berita Terkini