Beauty

Gampang Dicari, 3 Bahan Rumahan untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang bikin tak percaya diri. Nah, beberapa bahan alami ternyata bisa mengatasinya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)
Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)

Dewiku.com - Ketombe yang sering kali terasa mengganggu memang termasuk masalah kulit kepala yang paling umum. Ketombe juga kerap membikin orang-orang tak percaya diri.

Melansir Insider, Joshua Zeichner, MD, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai menyatakan ketombe adalah hasil reaksi tubuh terhadap jamur yang hidup secara alami di kulit, termasuk di kulit kepala. 

Memang sudah banyak produk rambut yang menawarkan pengobatan ketombe. Namun jika Anda menghindari bahan kimiawi, berikut sejumlah bahan alami yang dapat mengatasi ketombe:

Cuka Sari Apel

Menurut Zeichner, cuka sari apel bisa membantu mengatasi masalah ketombe karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membunuh jamur penyebab ketombe. Cuka sari apel juga dengan sifat astringent mampu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih.

Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)
Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)

Soal penggunaannya, Zeichner mengatakan untuk penggunaan cuka apel bisa diencerkan dengan air kemudian oleskan di kepala. Biarkan beberapa menit kemudian bilas. 

Baking Soda

Baking soda punya sifat antijamur ringan dan eksfoliasi yang bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki pengelupasan di kulit kepala.

"Eksfoliasi bisa membantu menghilangkan penumpukan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat di kulit kepala," kata Kaveri Karhade, MD, dokter kulit bersertifikat di daerah San Francisco.

Menurut Karhade, penggunaannya bisa dilakukan dengan mencampurkan sekitar satu sendok baking soda ke dalam sampo biasa atau air. Kemudian pijatkan dan gosok kulit kepala dengan vaking soda yang telah dicampur.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya dikenal bersifat melembapkan. Hal ini yang membuat lidah buaya mampu mengatasi rasa gatal yang menyertai kulit kering di kulit kepala.

Lidah Buaya (Shutterstock)
Lidah Buaya (Shutterstock)

Penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang dapat menurunkan jamur di kulit kepala dan mengurangi timbulnya ketombe.

Mudah saja, cukup oleskan gel lidah buaya di kulit kepala yang bermasalah. Biarkan selama 30 menit, bilas dengan air. (*Fita Nofiana)

Berita Terkait

Berita Terkini