Ingin Kulit Bebas Jerawat? Berikut Rekomendasi Vitamin Terbaik

Ada beberapa vitamin yang baik untuk perawatan kulit, termasuk membantu mengatasi masalah jerawat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 14 Juni 2021 icon 15:00 WIB
Ingin Kulit Bebas Jerawat? Berikut Rekomendasi Vitamin Terbaik

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Ionut Comanici)

Jerawat muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati. Selain itu, ada pula faktor lain yang memperparah jerawat, antara lain seperti ketidakseimbangan hormon, alergi, atau sistem kekebalan yang melemah.

Tentu perawatan wajah untuk jerawat akan berbeda tergantung pada apa penyebabnya. Ada beberapa vitamin dan mineral paling terkenal yang bisa membantu kulit menjadi lebih bersih, apa pun penyebab jerawat Anda, dilansir dari The Healthy.

 Vitamin A

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat di Dahi, Begini Solusinya

Retinol, turunan vitamin A, merupakan bahan utama dalam perawatan untuk menjaga kulit tetap kencang, awet muda, dan bebas dari jerawat.

"Perawatan vitamin A topikal mencegah sel-sel kulit saling menempel dan menyumbat pori-pori, membantu mengobati jerawat," ungkap Joshua Zeichner, MD, direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Vitamin C

Baca Juga: Momen Anya Geraldine Perawatan Wajah Malah Bikin Publik Emosi, Kenapa?

Serum vitamin C topikal belakangan muncul sebagai solusi pengobatan jerawat. Peroksidasi atau kerusakan radikal bebas, berkembang di kulit karena perubahan minyak ini sehingga memicu peradangan.

"Ada beberapa data yang menunjukkan bahwa antioksidan seperti vitamin C bisa membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas ini dan memperbaiki jerawat," ujar Zeichner.

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Vitamin D

Sebuah studi kecil tahun 2016 di PLOS ONE menemukan bahwa orang yang menderita jerawat lebih cenderung kekurangan vitamin D ketimbang mereka yang tidak punya masalah kulit. Menurut penelitian, sekitar 40 persen orang dewasa AS mungkin kekurangan vitamin D.

Kalau Anda punya jerawat, pastikan Anda mengetahui tanda-tanda kekurangan vitamin D atau konsultasikan ke dokter jika butuh tambahan suplemen.

Seng

Baca Juga: Cewek Ini Dulunya Jerawatan Banget, Kini Sukses Jadi Mulus dan Glowing

Sebuah artikel tahun 2014 di Dermatology Research and Practice menunjukkan bahwa seng topikal bisa membantu mengurangi jerawat. Selain itu, Dr.Zeichner mengatakan, suplemen seng oral juga akan mengurangi peradangan kulit dari dalam ke luar. (*Yasinta Rahmawati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI