Perhatikan! 5 Kebiasaan yang Bikin Rutinitas Skincare di Malam Hari Sia-Sia

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari karena bisa membuat rutinitas skincare di malam hari tidak optimal.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 18 Juni 2021 icon 16:30 WIB
Perhatikan! 5 Kebiasaan yang Bikin Rutinitas Skincare di Malam Hari Sia-Sia

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Rutinitas skincare di malam hari kian populer belakangan ini. Banyak orang ingin mempunyai wajah yang lebih sehat, kenyal, tampak cerah, dan terhidrasi ketika bangun di pagi hari.

Sayangnya, hasil yang didapat sering kali tidak sesuai ekspektasi. Belum tentu karena produk kecantikan yang digunakan kurang cocok di kulitmu, tapi bisa jadi akibat melakukan kebiasaan buruk tertentu.

Merangkum Yukepo.com---jaringan Suara.com, inilah beberapa kebiasaan yang bikin rutinitas skincare di malam hari memberikan hasil yang kurang optimal.

Baca Juga: Jaminan Kosmetik Berkualitas, PT Cosmax Indonesia Raih Cosmos Certification

Tidur dengan suhu ruangan yang terlalu hangat

Ruangan yang hangat mungkin cukup nyaman untuk tidur, tapi ada sedikit efek negatifnya. Kondisi ini berkaitan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa tubuh dan kulit akan bisa beristirahat dan melakukan regenerasi sel pada suhu lebih rendah.

Jadi, lebih baik tidur dalam keadaan kamar relatif dingin. Kamu pun akan jauh lebih mudah tertidur dan merasa lebih nyenyak saat istirahat di ruangan yang dingin. 

Baca Juga: Meluncur di Tengah Pandemi, Brand Kosmetik Pinkflash Utamakan Kualitas

Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)

Tidak mencuci wajah

Mencuci wajah dengan baik dan benar merupakan kunci terpenting untuk tahap rutinitas skincare lainnya. Walau hanya beraktivitas di dalam rumah dan tak mengaplikasikan makeup, tetap jangan malas mencuci wajah.

Pada malam hari, kulit wajah bakal memperbaiki sel kulit mati dan melakukan regenerasi secara alami. Mencuci wajah sampai bersih mendukung proses tersebut sehingga dapat mencegah munculnya masalah kulit seperti jerawat dan lainnya.

Kurang tidur

Percuma rajin mengaplikasikan produk skincare kalau kamu tidak istirahat cukup. Tidur malam kurang dari 6 jam bisa membuat kulit kekurangan waktu untuk melakukan proses perbaikan secara alami. Efeknya bukan cuma mata panda, tapi juga munculnya kerutan di beberapa bagian wajah dan kulit menjadi tampak kusam.

Kurang tidur juga meningkatkan hormon stres serta inflamasi yang bisa memperburuk kondisi kulit. Salah satu efeknya adalah gampang jerawatan.

Ilustrasi mengantuk saat bekerja (freepik.com/freepik)
Ilustrasi mengantuk saat bekerja (freepik.com/freepik)

Melupakan pelembap

Apa pun jenis kulit wajahmu, pelembab tidak boleh diabaikan, pun saat melakukan rutinitas skincare di malam hari. Fungsinya adalah membantu menjaga kekenyalan kulit.

Bagi orang dengan tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat, cari produk yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat, menghentikan peradangan, dan memiliki sifat menenangkan kulit.

Jarang mengganti sarung bantal

Sarung bantal juga bisa membikin kinerja skincare tidak optimal, apalagi jika berbahan katun dan sudah lama tidak diganti.

Baca Juga: Bisa Konsultasi Masalah Kulit, POND'S Hadirkan Skin Advisor Live di Shopee

Menurut Desmond Shipp, dermatologist dari Ohio State University Wexner Medical Center, sarung bantal berbahan silk atau satin merupakan jenis yang baik. Selain aman untuk kulit wajah, sarung bantal yang lembut itu juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI