Beauty

Jangan Diremehkan, Masalah Jerawat Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental

Sebuah studi menyebutkan bahwa jerawat termasuk salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental, khususnya perempuan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

Dewiku.com - Jerawat bukan cuma masalah kulit, tapi bisa sampai berdampak pada kesehatan mental. Perempuan berjerawat dapat mempunyai kekhawatiran yang kuat tentang penampilan mereka sehingga memengaruhi secara emosional.

Melansir dari Medical Xpress, John S. Barbieri, M.D., dari University of Pennsylvania di Philadelphia bersama timnya melakukan wawancara semi-terstruktur terhadap perempuan berjerawat. Wawancara dilakukan terhadap 50 perempuan dewasa berusia 18-40 tahun dengan jerawat sedang sampai berat.

Penelitian menunjukkan bahwa para peserta penelitian mengalami kekhawatiran tentang penampilan terkait jerawat. Mereka juga takut kondisi tersebut bakal memengaruhi kehidupan sosial, profesional, dan pribadi mereka. Bahkan, tak sedikit peserta yang mengaku mengubah perilaku karena jerawat mereka. 

Pada penelitian ini, peserta umumnya melaporkan depresi, kecemasan, dan isolasi sosial. Mereka baru merasa lega dan terlepas dari jerawat kalau punya kulit yang bersih tanpa jerawat dan bekasnya. 

Frustrasi perempuan dengan jerawat ini bukan cuma terkait pada jerawat yang di kulit mereka, tapi juga susahnya menemukan dokter kulit yang membuat mereka nyaman dan mengidentifikasi perawatan efektif.

Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

"Temuan ini menunjukkan bahwa memastikan akses ke perawatan dan mengidentifikasi pendekatan pengobatan yang optimal untuk perempuan dengan jerawat diperlukan untuk meningkatkan hasil dalam populasi ini," ungkap para penulis penelitian yang telah diterbitkan di JAMA Dermatology.

Jerawat sendiri adalah masalah kulit yang sangat umum. Kondisi ini dapat disebabkan oleh hormon, produk perawatan kulit, hingga tipe kulit itu sendiri.

Karena jerawat tak hanya berpengaruh pada kulit, ada baiknya jika orang sekitar tak meledek atau mempermalukan mereka yang berjerawat karena itu bisa berpengaruh pada kesehatan mental mereka. (*Fita Nofiana)

Berita Terkait

Berita Terkini