Beauty

Nggak Sulit, kok! Berikut 5 Langkah Hair Spa di Rumah

Ingin hair spa di rumah karena tak bisa pergi ke salon? Berikut beberapa tips untukmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)

Dewiku.com - Perawatan rambut di salon sepertinya bukan pilihan yang cukup aman saat ini. Meski begitu, tidak perlu panik. Kamu tetap bisa melakukan perawatan rambut rutin walau hanya di rumah, misalnya hair spa atau spa rambut.

Penggunaan pengering rambut, pelurus rambut, dan bahkan pewarna rambut bisa memperburuk kondisi batang rambut. Sampo rutin saja tidak cukup untuk memperbaiki rambut rusak dan mengembalikan kelembapan rambut yang hilang.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan hair spa di rumah.

1. Pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak

Mulailah hair spa dengan pijatan minyak untuk menutrisi rambut dan merangsang aliran darah ke kulit kepala. Kamu bisa menggunakan minyak rambut apa saja, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Hal yang mesti dilakukan adalah memijat kulit kepala dengan lembut. Itu akan membantumu rileks dan mengurangi stres.

Ilustrasi minyak zaitun. (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi minyak zaitun. (Pixabay/Couleur)

Uapi rambut dengan steamer atau handuk hangat

Langkah ini bermanfaat membuat nutrisi dari minyak menembus kutikula rambut dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan uap air dari air panas yang diletakkan di dalam baskom atau membungkus rambut dengan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Ulangi langkah ini ketika handuk terasa dingin. Lakukan proses penguapan selama sekitar 15 menit sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

Cuci rambut

Cuci rambutmu untuk membersihkannya dari sisa minyak dan kotoran lainnya. Gunakan sampo ringan bebas sulfat supaya tidak membuat batang rambut kering.

Perawatan rambut. (Shutterstock)
Perawatan rambut. (Shutterstock)

Oleskan krim spa rambut

Langkah terpenting dari setiap hair spa adalah mengoleskan krim spa rambut yang bersifat melembapkan. Jika kamu tidak punya krim spa rambut, bisa juga menggunakan masker rambut buatan sendiri yang terbuat dari bahan-bahan seperti yogurt, telur, pisang, dan madu. Diamkan masker rambut selama 20 menit di rambutmu.

Pembilasan terakhir

Langkah terakhir adalah membilas rambut untuk menghilangkan krim hair spa. Jangan menggosok rambut dengan handuk atau mengeringkannya, biarkan saja kering secara alami.

Kamu bisa melakukan perawatan rambut ini setiap minggu untuk mengembalikan kilau rambut Anda. Bagaimana? Hair spa di rumah terasa mudah, kan? (*Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini