Beauty

Jangan Asal Beli, Simak 7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Ada bebarapa hal yang perlu diperhatikan dan jadi pertimbangan saat memilih skincare untuk kulit berminyak.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)

Dewiku.com - Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit paling umum. Kondisi ini membikin seseorang rentan punya kulit berjerawat dengan wajah kusam.

Walau begitu, tidak perlu khawatir. Dengan rutinitas dan produk perawatan kulit yang tepat, masalah ini bisa kamu hadapi dengan baik. Nah, ingin tahu lebih dalam mengenai masalah ini? Berikut tipsnya, dilansir dari Healthline.

Langkah 1: Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari

Tak perlu ditanya lagi, langkah paling penting dari setiap rutinitas perawatan kulit adalah membersihkan kulit.

Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)

"Kika kulitmu memiliki wajah yang cenderung berminyak, kamu mungkin dapat mentolerir lebih banyak pembersihan,” kata Dr. Sandra Lee, alias Dr. Pimple Popper, pendiri SLMD Skincare .

Walau kamu merasa wajahmu masih terasa bersih di pagi hari, karena pembersihan malam yang kamu lakukan, Lee mengatakan bahwa pada malam hari kulit bekerja melepaskan sel-sel dan memproduksi minyak.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci dengan pembersih pengelupasan yang baik untuk pagi dan sore hari. Bisa juga pilih mencucinya dengan asam salisilat .

"Ini akan sangat membantu membersihkan minyak berlebih dan sel kulit mati untuk mencegah penumpukan di pori-pori," imbuhnya.

Langkah 2: Gunakan toner

Setelah kulitmu bersih dan bebas dari riasan, kotoran, dan minyak, Lee menyarankan untuk menggunakan toner pengelupasan yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, serta asam laktat.

Ilustrasi merawat kulit dengan skincare (Andrea Piacquadio/Pexels)
Ilustrasi merawat kulit dengan skincare (Andrea Piacquadio/Pexels)

Langkah 3: Rawat kulitmu

Langkah ini tergantung pada masalah kulit spesifikmu. Namun secara umum, jika rentan berjerawat, Lee mengatakan kamu harus menggunakan benzoil peroksida atau belerang di siang hari untuk membantu mengekang produksi minyak dan mencegah berjerawat.

Pada malam hari, Lee merekomendasikan produk retinol untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit bercahaya. Beberapa produk perawatan favoritnya dari lini perawatan kulitnya antara lain BP Lotion, Sulphur Lotion, dan Retinol Serum.

Satu catatan singkat untuk orang dengan kulit berminyak, yakni mengingatkan bahwa sebenarnya mereka beruntung.

"Kalau kamu punya banyak minyak di kulitmu, kemungkinan besar kamu dapat menangkis kerutan dan garis-garis halus lebih lama daripada seseorang dengan kulit kering," kata dia.

Langkah 4: Melembapkan di pagi dan sore hari

Melembapkan juga termasuk langkah yang sangat penting jika kamu memiliki kulit berminyak.

"Ada beberapa kepercayaan bahwa jika kamh memiliki kulit berminyak, kamu tidak perlu atau tidak harus melembapkan kulitmu, kata Lee.

Namun, sebenarnya anggapan ini salah. Lee mengungkap jika semua jenis kulit butuh pelembap. Hanya saja, khusus kamu yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya lebih berhati-hati dengan jenis pelembap yang digunakan.

Rekomendasinya? Carilah pelembap yang ringan, bebas minyak, dan berbahan dasar air.

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Langkah 5: Menggunakan kertas minyak

Setelah menjadikan empat langkah di atas sebagai sebuah kebiasaan, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasukkan langkah-langkah lain yang lebih jarang ke dalam rutinitasmu, seperti memkai kertas blotting.

Jika kulit tampak berminyak sepanjang hari, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan kertas minyak untuk mengontrol minyak berlebih.

Kamu cuma perlu menekan kertas dengan lembut ke kulit selama beberapa detik. Ini akan membantu menyerap sebagian besar minyak. Ulangi sepanjang hari sesuai kebutuhan.

Langkah 6: Cuci wajah setelah berolahraga

Selain rutinitas pagi dan malam hari, AAD merekomendasikan agar jangan lupa mencuci wajahmu setelah berolahraga. Ini sangat penting kalau kamu tidak berencana untuk mandi setelah olahraha.

Mencuci wajah akan membantu menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang mungkin menumpuk saat kamu berolahraga. Caranya, kamu cukup cuci muka dengan pembersih biasa dan oleskan pelembap tipis. Semakin cepat kamu dapat melakukan ini setelah berolahraga, itu akan semakin baik.

Ilustrasi perempuan mencuci muka (shutterstock)
Ilustrasi perempuan mencuci muka (shutterstock)

Langkah 7: Pilih produk dengan bijak

Saat membeli produk perawatan kulit, Dr. Adarsh Vijay Mudgil, pendiri Mudgil Dermatology di New York City, mengatakan untuk memilihnya dengan bijak.

"Hindari produk apa pun yang mengandung alkohol, yang bisa menyebabkan peningkatan jumlah sekresi minyak. Juga, hindari sesuatu yang kental atau berminyak, seperti cocoa butter, shea butter, dan lainnya," ujar dia. (*Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini