5 Manfaat Daun Mint untuk Perawatan Kulit, Salah Satunya Atasi Mata Panda

Jarang diketahui, berikut beberapa manfaat daun mint untuk perawatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 07 Agustus 2021 icon 18:00 WIB
5 Manfaat Daun Mint untuk Perawatan Kulit, Salah Satunya Atasi Mata Panda

Ilustrasi daun mint. (Unsplash/Shangyou Shi)

Bagaimana caramu biasanya memanfaatkan daun mint? Daun mint bisa ditambahkan ke dalam minuman seperti teh atau cokelat untuk memberi efek menenangkan. Nah, tahukah kamu jika manfaat daun mint juga merambah perawatan kulit?

Daun mint kerap ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit seperti sabun wajah, pelembap, dan losion. Melansir Times of India, berikut beberapa manfaat daun mint untuk perawatan kulit.

Mengobati jerawat

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Masalah Jerawat Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental

Daun mint kaya akan asam salisilat dan vitamin A yang mengontrol sekresi sebum di kulit. Pemilik kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Sifat antibakteri dan antijamur pada daun mint mencegah peradangan dan menyembuhkan jerawat.

Oleskan pasta daun mint pada jerawat dan biarkan selama 15 menit. Selain menghilangkan bekas jerawat, ini juga bisa membersihkan pori-pori kulit.

Ilustrasi daun mint. (Pexels/Arina Krasnikova)
Ilustrasi daun mint. (Pexels/Arina Krasnikova)

Menyembuhkan luka

Baca Juga: Tips Bugar dan Sehat ala Kate Middleton, Ternyata Gampang Dicontoh

Sifat antiradang pada daun mint membantu menyembuhkan luka, seperti luka bekas gigitan nyamuk atau gatal.

Oleskan jus daun mint pada area kulit yang terinfeksi. Selain membantu menyembuhkan luka, ini juga akan menenangkan iritasi dan sensasi terbakar pada kulit.

Melembapkan dan mengencangkan kulit

Daun mint bisa bertindak sebagai zat ringan yang membantu mengencangkan kulit secara alami dan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Daun mint bakal meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan mencegah kerutan atau garis-garis halus.

Oleskan daun mint pada wajah dan biarkan selama 20 sampai 25 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Minuman dengan daun mint. (Pexels/Laurens van Riel)
Minuman dengan daun mint. (Pexels/Laurens van Riel)

Mengurangi lingkaran hitam

Antioksidan dalam daun mint bekerja dengan baik untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Cukup oleskan pasta daun mint pada bagian yang bermasalah dan biarkan semalaman. Ini akan mencerahkan warna kulit di bawah mata dan mengurangi munculnya lingkaran hitam.

Mencerahkan kulit

Daun mint bersifat antiseptik yang mencegah bintik-bintik dan ruam pada kulit. Bahan alami ini juga mengurangi kerusakan kulit akibat terpapar di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga: Kenapa Jerawat Sering Muncul saat Stres? Rupanya karena Ini

Caranya pun mudah. Oleskan ekstrak daun mint ke kulit kusam untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI