Beauty

Rekomendasi Dokter Kulit, Berikut 7 Langkah Skincare di Malam Hari

Begini tahapan skincare di malam hari berdasarkan rekomendari dokter kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Menggunakan krim mata. (Shutterstock)
Menggunakan krim mata. (Shutterstock)

Dewiku.com - Perawatan wajah atau skincare bukan cuma soal seberapa banyak dan mahal produk yang diberli. Ini lebih soal bagaimana kamu mengaplikasikan skincare agar manfaat yang didapat bisa optimal. Sebab, penggunaan produk skincare mahal pun bisa saja sia-sia jika tidak benar saat mengaplikasikannya di wajah.

Umumnya, orang menggunakan produk skincare setiap pagi dan malam. Ada langkah yang harus Anda perhatikan, salah satunya tahapan skincare malam hari.

"Secara umum, menggunakan skincare diawali dari produk paling ringan, paling cepat diserap, hingga produk yang lebih berat," ungkap dokter kulit bersertifikat di New York City, Amerika Serikat, Dr. Hadley King, dikutip dari Woman Health Mag.

Tak harus melalui banyak tahapan dalam perawatan wajah, Hadley menekankan bahwa hal yang lebih penting sebenarnya produk skincare sesuai dengan jenis dan kondisi kulit.

Walau demikian, secara umum ada tahapan skincare dasar yang sebaiknya dilakukan, terutama pada malam hari, karena menjadi waktu bagi kulit untuk beregenerasi. Hadley menyarankan tujuh langkah skincare di malam hari yang bisa ditiru siapa pun.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu basah. (Unsplash/Septian Simon)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash/Septian Simon)

Langkah 1: Pembersih

Ini benar-benar tidak bisa dilewatkan. Kulit tidak akan dapat menyerap produk skincare lainnya dengan baik atau efektif jika tidak dalam keadaan bersih.

Pertama dan terpenting, harus menghapus riasan, minyak, dan kotoran di wajah. Idealnya, bersihkan riasan dengan minyak pembersih, lalu gunakan sabun pembersih untuk mencuci seluruh wajah dan leher.

Langkah 2: Toner

Toner harus menjadi hal pertama yang digunakan pada kulit yang baru selesai dibersihkan. Ini merupakan kesempatan bagus untuk membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit sekaligus memastikan semua perawatan kulit selanjutnya akan efektif.

Langkah 3: Retinoid

Retinoid sebenarnya istilah umum untuk turunan vitamin A, termasuk retinol yang dijual bebas. Retinoid merupakan bahan kekuatan utama dan punya kemampuan untuk mengobati jerawat, memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi, mencerahkan kulit, serta melawan tanda-tanda penuaan.

Retinol dan retinoid berfungsi dengan mempercepat laju pergantian sel kulit dan regenerasi. Kalau baru pertama kali memakai produk retinoid, sebaiknya mulailah dengan sedikit demi sedikit hingga tingkatkan toleransi kulit secara perlahan. Sebab, produk retinoid bisa sangat keras dan membuat kulit kering.

Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)

Langkah 4: Serum

Cobalah gunakan serum yang menghidrasi, seperti serum dengan asam hialuronat yang akan menjaga kulit tetap kenyal dan lembap semalaman.

Langkah 5: Krim Mata

Berhati-hatilah saat memakainya agar tidak mengiritasi kulit halus di sekitar mata. Kulit area mata sangat tipis sehingga rentan dengan benda keras maupun goresan.

Langkah 6: Pelembap

Kalau sudah pakai serum yang sangat menghidrasi, mungkin tidak perlu lagi memakai pelembap. Namun, karena kulit masuk ke mode perbaikan selama tidur, ini adalah kesempatan untuk memasukkannya bahan-bahan lain yang bermanfaat. Disarankan pakai pelembap bebas minyak, tentunya sesuai kebutuhan individu kulit.

Langkah 7: Tidur

Tidur juga merupakan bagian penting dari setiap rutinitas perawatan kulit malam hari yang baik. Kulit menggunakan waktu istirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri dan menghasilkan kolagen baru sehingga perbedaan beberapa jam waktu tidur saja dapat merusak kulit. (*Lilis Varwati)

Berita Terkait

Berita Terkini