Beauty

Jangan Malas! Ini Pentingnya Cuci Muka di Pagi Hari

Demi menjaga kesehatan kulit wajah, dokter menyarankan untuk selalu cuci muka di pagi hari.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Cuci muka di pagi hari bukan cuma terasa menyegarkan. Pakar bahkan menyebut mencuci muka di pagi hari sebagai cara termudah menjaga kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari ANTARA, dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Indonesia, dr. Anesia Tania, Sp.KK menyebut kulit pada pagi hari cenderung berminyak karena keringat dan minyak tetap diproduksi ketika tidur.

Selain itu, sel-sel kulit mati dan debu yang terkumpul pada sarung bantal kontak dengan kulit wajah selama tidur yang bisa menyebabkan penumpukan bakteri di wajah sepanjang malam.

"Hasil penumpukan sel-sel kulit mati, produk perawatan kulit yang digunakan pada malam hari, minyak, debu dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan semua itu bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat," tuturnya.

Ilustrasi cuci muka (shutterstock)
Ilustrasi cuci muka (shutterstock)

Anesia mengatakan, membersihkan wajah di pagi hari bisa menghilangkan penumpukan residu sel kulit mati dan bakteri yang muncul sepanjang malam, sekaligus membikin kulit wajah segar dan terasa lembut.

Kondisi kulit yang bersih dan lembap usai dibersihkan pun akan membantu kulit siap menerima produk perawatan kulit selanjutnya. Produk yang diaplikasikan akan lebih menyerap ke kulit dan jadi lebih efektif.

Pakar dermatologi di Mount Sinai Hospital, Dr. Joshua Zeichner menuturkan, mereka yang punya kulit sensitif disarankan gunakan produk pencuci wajah dengan formula lembut, lalu bilaslah dengan air hangat.

Menurut dia, pembersih yang menghidrasi adalah pilihan yang baik untuk pemilikkulit kering.

"Produk-produk ini biasanya tidak berbusa dan membantu melembapkan saat membersihkan kulit," ujar Zeichner, dikutip dari Healthline.

Nagaimana dengan pemilik kulit berminyak atau berjerawat? Pakar kecantikan berlisensi, Stephanie Ivonne menyarankan mereka memilih pembersih dengan kandungan asam hidroksi untuk menghilangkan minyak berlebih.

Bagi mereka dengan kulit kombinasi, bisa memakai produk mengandung formula lembut untuk menghilangkan kotoran, membersihkan pori-pori, membantu menghilangkan riasan, serta membuat kulit terasa segar, bersih, dan terhidrasi. (*M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini