Jangan Anggap Sepele, 5 Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Kata siapa hanya perempuan yang butuh perawatan wajah? Pria juga membutuhkannya, kok.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 28 Agustus 2021 icon 10:30 WIB
Jangan Anggap Sepele, 5 Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Merawat kulit wajah bukan cuma kebutuhan perempuan. Beberapa kondisi akibat kulit wajah laki-laki yang sedikit berbeda dengan perempuan, justru merupakan alasan mengapa mereka juga perlu lakukan perawatan.

Perawatan wajah yang tepat tidak harus rumit atau menggunakan banyak produk mahal. Hal yang terpenting adalah harus konsistensi melakukannya. 

Rutinitas perawatan kulit harian atau skincare pada laki-laki bahkan sebenarnya lebih simpel. Sebut saja sekedar membersihkan wajah, menggunakan pelembap harian, dan melindungi kulit dengan tabir surya.

Baca Juga: Triple Cleansing Bantu Jaga Kecantikan Kulit Wajah, Begini Tahapannya

Rangkaian sederhana itu mungkin akan menyita beberapa menit sebelum pergi beraktivitas, tapi sangat berharga bagi kulit. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) mengungkap alasannya, antara lain:

Memperbaiki jerawat dan noda

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Jika wajah rentan berjerawat, menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit sangat membantu menjaga kulit tetap sehat. Bukan hanya faktor produk berkualitas yang akan menentukan keberhasilkan perawatan, tapi juga rutinitas yang konsisten.

Baca Juga: Botoks Semakin Populer di Kalangan Perempuan Muda, Ini Alasannya

Melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan

Sama seperti perempuan, kulit laki-laki juga akan menunjukkan tanda-tanda penuaan seiring usia bertambah. Jika tidak melakukan apapun terhadap hal tersebut, kemungkinan kulit akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. 

Rutinitas perawatan kulit laki-laki untuk mencegah tanda-tanda penuaan, salah satunya menggunakan pelembap setiap hari. Melembapkan kulit bisa melawan tanda-tanda penuaan, dalam beberapa kasus bahkan dapat memperbaiki kerusakan yang sudah ada. 

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya

Sinar matahari, walau bermanfaat bagi kulit, tetap saja dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Dampak paparan sinar matahari yang terjadi seharian secara bertahap akan menampakkan efeknya. 

Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)
Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Untuk menghindarinya, lindungi kulit dengan mengoleskan tabir surya secara teratur. Tabir surya tak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet penyebab penuaan dini, tapi juga melindungi kulit dari risiko kanker kulit.

Melindungi kulit dari infeksi

Dengan menggunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit, itu akan memelihara mikroflora yang baik bagi kulit. Selain itu, menggunakan after shave lotion bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi. Hal ini dapat mengurangi risiko dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh bakteri atau virus jahat.

Terlihat terbaik di usia berapa pun

Baca Juga: Biar Awet Muda, Berikut 5 Rahasia Perawatan Kulit Perempuan India

Mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang mencakup pembersih, pelembap, dan tabir surya akan membuat laki-laki tampak dan merasa lebih baik. Kulit sehat dan tampak segar akan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari tentunya. Dengan mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang konsisten, wajah jadi bisa kelihatanlebih baik dalam segala usia. (*Lilis Varwati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI