Simak, yuk! 4 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering Berjerawat

Berikut beberapa tips memilih skincare untuk pemilik kulit berjerawat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 16 September 2021 icon 18:00 WIB
Simak, yuk! 4 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering Berjerawat

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Walau biasanya masalah jerawat sering dialami pemilik kulit berminyak dan kombinasi, jerawat juga bisa terjadi pada pemilik kulit kering lho. Hal itu karena pemilik kulit kering mudah mengalami iritasi sehingga meningkatkan peluang masuknya bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Umumnya, jerawat di kulit kering terjadi karena berbagai faktor, seperti pubertas, stres hingga adanya kesalahan memilih produk skincare.

Menurut Beauty Influencer, Amalia Rizky Cesaerini dalam acara Live IG bersama Aysi beberapa waktu lalu, ada empat tips pilih produk skincare untuk kulit kering berjerawat, antara lain:

Baca Juga: Perubahan Cuaca Bikin Wajah Kusam, Begini Cara Mengatasinya

1. Gunakan skincare dasar

Mengatasi masalah kulit kering kering berjerawat itu gampang karena cuma memerlukan rangkaian skincare atau produk perawatan wajah dasar yang terdiri dari facial cleanser, toner, serum, pelembap, serta sunscreen atau tabir surya untuk pagi hari.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

"Pelembap penting banget sebagai pondasinya, karena sifatnya melembapkan dan memperbaiki skin barrier. Kalau skin barrier-nya sudah bagus, maka jerawat akan jarang muncul. Jadi, pelembap dan sunscreen ini nggak boleh dilewatkan," ungkap Amalia.

Baca Juga: Gunakan Bahan Alami dan Halal, Skincare Ini Cocok untuk Semua Jenis Kulit

2. Kandungan skincare yang mesti dipilih

Perempuan yang akrab disapa Mearvic itu mengungkapkan, kandungan skincare seperti centella asiatica (cica), mugwort, dan ceramid merupakan ingredients terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering berjerawat.

Bisa juga menggunakan bahan aktif berupa, AHA, BHA, dan retinol untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun, untuk pemakaian bahan aktif itu, mesti dikondisikan dengan masalah kulit masing-masing.

"Kalau aku pakai skincare bahan aktif AHA, BHA, Retinol itu dua kali seminggu tapi digunakan secara bergiliran (tidak digabungkan). Kalau pemula, bisa pakai seminggu sekali dulu. Nanti kalau cocok, penggunaannya bisa ditambah sesuai kondisi kulit," ucap dia.

3. Kandungan skincare yang wajib dihindari

Menyajikan buah anggur dengan makanan sehat lainnya. (Unsplash/Jessy Smith)
Menyajikan buah anggur dengan makanan sehat lainnya. (Unsplash/Jessy Smith)

Dalam memilih produk skincare untuk kulit kering berjerawat memang susah-susah gampang. Sebagai tips, menghindari skincare yang mengandung Ethanol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Potassium Hydroxide, Tea Tree Oil, dan Salicylic Acid.

"Kandungan tersebut bisa menyebabkan kulit makin kering," imbuh dia

4. Menerapkan pola hidup sehat

Mengatasi masalah kulit tak lepas dari penggunaaan skincare dan mengatur pola hidup sehat. Sebagus apapun skincare yang digunakan, tak bakal terlihat efektif dan optimal jika pola hidupnya tetap tidak sehat.

Oleh karenanya, kamu perlu mengubah kebiasaan seperti mengurangi minuman kekinian yang mengandung banyak gula atau boba, kafein, serta makan-makanan gorengan, pedas, dan berminyak.

Baca Juga: Teksturnya Lebih Tebal tapi Sensitif, Berikut 5 Fakta Kulit Wajah Pria

"Mau makan dan minum apapun sebenarnya boleh, tapi dibatasi. Misal, minum boba dan kopi, sama makan gorengan sekali seminggu," tandas Amalia. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI