Beauty

Biar Lebih Percaya Diri, 4 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Hitam secara Alami

Bagaimana cara mengatasi kulit ketiak hitam yang seringkali bikin kurang percaya diri itu?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)
Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)

Dewiku.com - Area ketiak termasuk bagian tubuh yang sensitif sehingga mudah menjadi hitam. Masalah ketiak hitam terjadi akibat penumpukkan sel kulit mati yang pada akhirnya membuat kulit di area tersebut menjadi lebih gelap.

Walau begitu, jangan khawatir. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencerahkan ketiak hitam. Dirangkum dari berbagai sumber, begini cara mengatasi kulit ketiak hitam.

Lemon dan kunyit

Campurkan lemon dan bubuk kunyit sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pada area ketiak dan biarkan selama 30 menit. Setelahnya, bilas dengan air hingga bersih. Gunakan ramuan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

Bubuk kunyit. (Pixabay/Nirmal Sarkar)
Bubuk kunyit. (Pixabay/Nirmal Sarkar)

Gula pasir dan madu

Siapkan gula dan madu masing-masing satu sendok makan. Campur dan gunakan seperti scrub di area ketiak. Kalau sudah, bilas dengan air hangat. Gunakan ramuan ini paling banyak dua kali dalam seminggu.

Gula punya tektur kasar yang bagus sebagai media pengelupasan alami. Sementara itu, madu memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan iritasi akibat eksfoliasi.

Jus tomat

Oleskan jus tomat ke area ketiak dan biarkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih, lalu keringkan. Gunakan ramuan ini sebanyak 2-3 tiga kali dalam seminggu untuk hasil terbaik. Tomat punya khasiat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol keringat berlebih di area ketiak.

Tomat. (Unsplash/Zoltan Tasi)
Tomat. (Unsplash/Zoltan Tasi)

Lidah buaya

Cukup gunakan gel lidah buaya sesuai kebutuhan. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Pijat ketiak dengan lembut selama beberapa detik, biarkan selama 20-25 menit, lalu bersihkan. Ulangi cara ini dua kali sehari atau lebih sampai ada perubahan.

Gel lidah buaya termasuk ramuan yang dapat menenangkan kulit secara alami. Gel lidah buaya menenangkan iritasi dan membantu kulit lebih cepat putih. Gel lidah buaya juga memiliki efek perlindungan dan melembapkan kulit sehingga membuat kulit ternutrisi dan sehat. (*Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini