Beauty

Harus Cermat dan Hati-Hati, Berikut 3 Tips Memilih Skincare untuk Ibu Hamil

Ketahui apa saja kandungan skincare yang boleh atau malah sebaiknya dihindari ibu hamil.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi hamil. (Pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi hamil. (Pexels/Leah Kelley)

Dewiku.com - Para ibu hamil biasanya akan menjadi lebih selektif memilih perawatan kulit atau skincare. Hal itu karena mereka cemas produk yang digunakan mungkin akan mengganggu perkembangan janin.

Nah, beauty influencer Annisa Pertiwi punya solusi bagi ibu hamil yang mengalami kulit kering, kusam, sensitif, berminyak, hingga berjerawat. Dikutip dari siaran pers, berikut beberapa cara mengatasi kulit kering dan sensitif bagi ibu hamil ala Annisa Pertiwi.

Tetap Gunakan Produk Perawatan Kulit Dasar

Perawatan kulit dasar atau basic skincare terdiri dari facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen untuk pagi hari. Basic skincare ini wajib dipakai setiap hari karena sangat membantu mengatasi masalah kulit saat sedang hamil.

"Wajib dipakai moisturizer yang mengandung Hyaluronic Acid dan Ceramid untuk mengatasi kulit kering dan sensitif," ucap pemilik akun IG @akpertiwi ini.

Ilustrasi cuci muka (shutterstock)
Ilustrasi cuci muka (shutterstock)

Hindari Kandungan Derivat

Produk berbahan derivat antara lain vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin. Hindari juga skincare yang mengandung salicylic acid (BHA), benzoil peroxyde, soy, PABA, rhodamin, benzophenone-3, merkuri, serta hydroquinone.

Penggunaan produk kosmetik atau skincare berbahan derivat pada bumil dapat menyebabkan kecacatan janin dan keguguran serta berbahaya untuk si kecil ketika ibu menyusui.

"Bagi yang kulitnya sensitif saat menyusui pun, kalau pakai AHA, BHA, dan retinol bisa membuat kulit terasa cekit-cekit gitu," ujar Annisa.

Pilih Skincare Berbahan Aman

Sangat penting untuk memilih kandungan yang aman untuk kulit. Misalnya, pilih produk kecantikan yang tidak terlalu banyak menggunakan active ingredients. Bisa juga menggunakan produk berbahan bakuchiol sebagai alternatif dari retinol.

"Bakuchiol tidak sekeras retinol, jadi lebih aman. Jangan lupa untuk konsultasikan produk kecantikan yang digunakan saat hamil dan menyusui kepada dokter kulit terpercaya," ucapnya menerangkan. (*Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini