Beauty

Bikin Awet Muda, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Efektif Mencegah Penuaan Kulit

Asal dilakukan secara telaten, ada beberapa kebisaan yang dijamin bisa mencegah masalah penuaan kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Dewiku.com - Penuaan kulit adalah proses alami. Beberapa orang ada yang malah jadi terlihat anggun seiring bertambah usia, sedangkan sebagian lainnya butuh perawatan ekstra supaya tetap kelihatan awet muda.

Mencegah penuaan kulit bisa dimulai dari melakukan diet sehat, tidur cukup, dan memilih perawatan kulit yang tepat. Selain itu, mengutip Times of India, berikut beberapa tips mencegah penuaan kulit.

Menggunakan tabir surya

Produk tabir surya merupakan solusi terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Matahari dianggap bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan kulit, mulai dari menyebabkan bintik hitam, pigmentasi, hingga kerutan.

Mengoleskan tabir surya akan membuat kulit terhindar dari paparan dari sinar matahari sekaligus melindungi kulit dari kerusakan.

Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)
Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)

Tidur cukup

Tidur juga termasuk hal penting dalam upaya menghindari penuaan kulit. Selama tidur, aliran darah di kulit akan meningkat dan ini akan berkontribusi dalam mengurangi kerutan serta bintik penuaan.

Sangat disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari. Jika kualitas tidur memburuk, efeknya tidak hanya mempercepat penuaan kulit, tapi juga bisa berdampak pada masalah lain, seperti kecemasan.

Mengonsumsi makanan sehat

Makanan sehat jelas berkontribusi pada kesehatan tubuh. Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan berat badan, makanan sehat juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Dengan begitu, makanan sehat dapat melindungi dari kerusakan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari. Rekomendasi buah yang baik untuk perawatan kulit, kamu bisa konsumsi buah blueberry dan alpukat.

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Menggunakan pelembap

Seiring bertambahnya usia, penting untuk menggunakan pelembap kulit secara teratur. Ini akan membantumu mengurangi tanda-tanda penuaan, mulai dari kerutan hingga garis-garis halus.

Disarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan vitamin C dan vitamin A. Keduanya bermanfaat merawat kulit dengan cara melindungi kulit dari sinar matahari dan memperlambat proses penuaan.

Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Untuk mencegah kulit dari penuaan, penggunaan produk perawatan yang tepat juga sangat penting. Disarankan untuk memilih produk kulit yang memiliki fungsi detoksifikasi dan menenangkan kulit.

Gel lidah buaya bisa termasuk cara alami untuk merawat kulit. Kandungan lidah buaya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari serta memperlambat penuaan kulit. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini