Beauty

3 Tips Mengoptimalkan Manfaat Buah Nanas untuk Perawatan Kecantikan

Bagaimana cara memanfaatkan buah nanas sebagai bahan alami menjalani kesehatan kulit?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Buah nanas. (Pixabay/Joseph Mucira)
Buah nanas. (Pixabay/Joseph Mucira)

Dewiku.com - Buah nanas tak cuma enak dimakan sebagai rujak maupun asinan. Buah nanas ternyata juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

Melansir dari Healthshots, dokter Kulit dr. Ajay Rana mengatakan nanas tidak hanya baik untuk perawatan kulit saja, tapi juga bisa untuk merawat rambut dan tulang.

Selain itu, jika seseorang mengalami wajah berjerawat dan mengalami ruam kulit atau kerusakan kulit, kulit nanas disebut dapat mengatasi masalah tersebut.

Di samping itu, jus nanas mengandung vitamin C dan antioksidan. Manfaatnya adalah mengobati jerawat, kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan warna kulit yang tidak merata. Tak hanya itu, nanas juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap bersih.

Buah nanas. (Pixabay/HOerwin56)
Buah nanas. (Pixabay/HOerwin56)

"Seiring bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan kilaunya, sehingga kita mulai mengembangkan kerutan. Namun, nanas dapat membuat kulit tampak lebih muda, serta menunda kematian sel," ungkap dr. Ajay Rana.

"Buah ini juga mengandung asam alfa-hidroksi, yang merupakan zat utama yang menunda kematian sel sehingga membantu mengatasi penuaan," imbuhnya.

Terdapat tiga cara untuk merawat kulit dengan buah nanas, antara lain:

Oleskan lewat jus nanas

Untuk merawat kulit agar lebih kencang, ada baiknya oleskan jus nanas di wajah. Diamkan selama lima menit sebelum dibilas. Jangan dibiarkan terlalu lama karena asam dari nanas tersebut dapat membakar kulit Anda.

Buah nanas. (Pixabay/Andy M.)
Buah nanas. (Pixabay/Andy M.)

Jadikan scrub

Sifat nanas disebut berfungsi sebagai scrub alami yang bisa mengangkat sel kulit mati. Maka dari itu, Anda dapat memotong buah nanas menjadi empat bagian, lalu gosok ke seluruh kulit tubuh. Setelah menggosok, bilas kemudian dengan air dingin.

Agar makin kulit makin kencang, oleskan jus nanas di kulit selama beberapa menit. Kandungan enzim bromelain dalam nanas disebut mampu mengatasi kulit yang berjerawat.

Gunakan sebagai masker wajah

Nanas dikatakan bisa dimanfaatkan sebagai pelembab wajah alami, salah satunya dengan dijadikan masker.

Cara penggunaannya, Anda bisa ambil tiga sendok makan jus nanas, campur dengan satu kuning telur dan dua sendok susu. Setelahnya, oleskan bahan-bahan tersebut ke wajah, kemudian dibilas. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini