Ini Pentingnya Riset Pasar bagi Perkembangan Industri Kecantikan Lokal

Industri kecantikan lokal berpotensi terus berkembang sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 06 Desember 2021 icon 15:52 WIB
Ini Pentingnya Riset Pasar bagi Perkembangan Industri Kecantikan Lokal

Ilustrasi Makeup (Pexels/cottonbro)

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kecantikan lokal tampak terus berkembang dan menunjukkan berbagai inovasi membanggakan. Hal tersebut tak lepas dari dukungan berbagai pihak di bidang ini.

Cosmax Indonesia kini memperkuat ekosistem industri kecantikan lokal di Indonesia dengan memperluas kemampuan perusahaan dalam mewadahi pelaku merek lokal di Indonesia ke depannya.

Salah satu contohnya adalah kerjasama yang sudah dilakukan Cosmax Indonesia dengan beauty reporter lokal dari beberapa daerah, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua, serta beauty reporter luar negeri dari Singapura dan Malaysia. Tujuannya adalah melakukan riset pasar, menganalisa tren, dan mengobservasi perilaku konsumen secara langsung berkaitan dengan industri kecantikan di setiap daerah.

Baca Juga: Pria Ini Hancurkan Skincare dan Stok Baju Istri, Alasannya Bikin Ngeri

Tak hanya itu, Cosmax Indonesia turut bekerjasama dengan tim riset Sekolah Farmasi ITB untuk melakukan rangkaian penelitian bersama terhadap material kosmetik berbahan dasar tanaman asli Indonesia. Nantinya, produk hasil penelitian akan diperkenalkan ke penjuru dunia.

Langkah tersebut merupakan wujud dari upaya memperkenalkan sinergi antara kekayaan sumber daya alam Indonesia dan inovasi teknologi Korea kepada dunia melalui joint research antara Cosmax yang dikenal dengan keunggulan teknologi terbaharukan dan Sekolah Farmasi ITB sebagai lembaga penelitian terkemuka di Indonesia.

Guna mewadahi informasi yang telah dianalisa, Cosmax Indonesia juga turut bekerjasama dengan media lokal di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal-hal terkait industri kecantikan. Misalnya soal pentingnya informasi produk, ingredients, trend, konsep, dan lainnya.

Baca Juga: Tambah Cantik saat Bangun Tidur, Ini Urutan Skincare Malam Hari yang Benar

Cosmax Indonesia melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung perkembangan industri kecantikan lokal. (Istimewa)
Cosmax Indonesia melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung perkembangan industri kecantikan lokal. (Istimewa)

Baru-baru ini Cosmax Indonesia juga menjalin kerjasama dengan Hypefast, pelopor house of e-commerce native brand terbesar di Asia Tenggara. Hypefast sendiri rencananya akan berinvestasi kepada 15 merek lokal di industri kesehatan dan kecantikan dengan bentuk dukungan pendanaan kapital hingga Rp50 miliar per brand.

Selain pendanaan, ekosistem yang dibangun Hypefast dalam bentuk R&D, pengembangan produk, channel distribution, operational ritel, pemasaran serta pemanfaatan teknologi, juga dapat membantu meningkatkan performa merek lokal.

Kerjasama Hypefast dan Cosmax diharapkan mampu mendorong pertumbuhan brand kesehatan dan kecantikan di Indonesia untuk berkembang ke taraf global.

Saat ini, Cosmax Indonesia sendiri telah memproduksi kosmetik, skincare, personal care, dan decorative dari berbagai merek lokal hingga global. Hal tersebut juga didukung kemampuan perusahaan dalam menjaga seluruh kualitas dan terus berinovasi, termasuk dengan memiliki sertifikasi lengkap berupa Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), EVE VEGAN, COSMOS, GMP, ISO, dan BPOM.

Baca Juga: Kunci Wajah Glowing dan Sehat, 6 Urutan Skincare di Pagi Hari yang Benar

"Kecantikan selalu menjadi mimpi semua wanita, sementara Startup dan Entrepreneurship menjadi mimpi generasi muda Indonesia. Dengan adanya kolaborasi Cosmax Indonesia dengan, ITB, Hypefast, dan mitra lainnya, diharapkan dapat mewujudkan impian mengantarkan bisnis menuju kesuksesan dan memberikan dampak positif bagi seluruh aspek pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia," ungkap Cheong MinKyoung, Presiden Direktur Cosmax Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Senin (6/12/2021)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI