Biar Tidak Rapuh, Berikut 4 Tips Merawat Kuku saat Cuaca Dingin

Berikut ini beberapa tips merawat kuku di tengah cuaca dingin. Apa saja hal yang harus diperhatikan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 29 Desember 2021 icon 20:39 WIB
Biar Tidak Rapuh, Berikut 4 Tips Merawat Kuku saat Cuaca Dingin

Ilustrasi kuku sehat. (Unsplash/Roman Kraft)

Apakah kamu sedang liburan ke luar negeri dan mendapati banyak hal yang berubah saat musim dingin? Bahkan, kondisi kuku bisa terpengaruh cuaca yang sangat dingin.

Demam, kulit kering dan gatal, hingga munculnya ketombe dapat disebabkan karena perubahan cuaca. Musim dingin juga bisa memicu masalah pada kesehatan kuku. Jika kamu mengalami pertumbuhan kuku yang lambat, rapuh, patah hingga pecah, coba segera lakukan perawatan kuku yang tepat.

"Punya kuku yang sehat dan kuat selama musim dingin adalah impian wanita. Namun, musim dingin bisa menyebabkan kuku rapuh, bersisi, dan kering. Selain itu, kuku juga rentan pecah, sehingga ini merusak kuku Anda," ujar Konsultan Dermatologis, Kosmetik, dan Ahli Bedah Kulit, Dr. Rinky Kapoor.

Baca Juga: Viral Wanita Pakai Lem Ini untuk Memasang Kuku Palsu, Bingung Cara Melepas

Dilansir dari Healthshots, berikut bebarapa tips merawat kuku saat musim dingin. Simak penjelasannya, yuk!

Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)
Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)

Oleskan minyak kelapa atau minyak almond

Selama musim dingin, kuku mengalami masalah kelembapan sehingga menjadi kering dan rapuh. Gunakan pelembap yang cocok untuk perawatan kulit. Namun, disarankan untuk konsultasi dengan dokter dulu.

Baca Juga: Charger HP Jadi Hiasan Manikur, Penampakan Kuku Wanita Ini Jadi Sorotan

Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa atau minyak almond ke kuku. Tentunya, lakukan ini dengan cara memijatnya secara perlahan.

Gunakan masker kuku

Masker bukan hanya dibutuhkan dalam perawatan wajah dan rambut, melainkan juga perawatan kuku. Masker dapat menutrisi kuku. Kamu bisa mencampurkan masker dengan madu, telur, dan jus lemon.

Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)

Gunakan minyak kutikula

Minyak kutikula bisa melembapkan dan membantu melindungi kuku . Menurut Dr. Kapoor, seperti halnya minyak rambut, minyak ini dikhususkan untuk perawatan kuku. Minyak jenis ini dapat menghidrasi kutikula, kulit, area kuku, serta membantu mencegah kerusakan kuku.

Mengenakan sarung tangan

Baca Juga: Viral Wanita Ini Asyik Pakai Kuteks di Motor, Bosan saat Lampu Merah

Tips merawat kuku lainnya adalah memakai sarung tangan. Ini bisa dilakukan saat kamu sedang berkebun, membersihkan rumah, mencuci piring, hingga menggunakan bahan kimia keras. Sarung tangan akan melindungi kuku dari dehidrasi serta terhindar dari kotoran yang bisa masuk ke kuku.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI