Manfaat Lendir Siput untuk Perawatan Kulit, Sering Jadi Bahan Skincare Korea

Apa saja manfaat lendir siput yang menjadi salah satu bahan andalan skincare Korea?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 02 Maret 2022 icon 14:33 WIB
Manfaat Lendir Siput untuk Perawatan Kulit, Sering Jadi Bahan Skincare Korea

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Tren kecantikan Korea Selatan masih digandrungi di Indonesia. Beragam kosmetik dan skincare asal Negeri Ginseng ini pun jadi favorit beauty enthusiast di Tanah Air. Salah satu kandungan skincare yang menarik perhatian adalah snail filtrate atau lendir siput.

Snail filtrate termasuk bahan kosmetik yang terkenal di Korea dan dipercaya dapat menghidrasi, mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan,hingga menyembuhkan bekas luka.

Dr. Rizqi Aminia, dokter praktisi estetik, dalam siaran tertulis, menjelaskan bahwa snail filtrate yang juga kerap disebut sebagai snail mucin adalah lendir siput yang disekresi oleh siput sebagai mekanisme pertahanan hidup mereka, yakni dengan cara mengurangi dehidrasi dan menyembuhkan luka akibat goresan saat mereka berjalan.

Baca Juga: Tren Makeup 2022, Ini Produk yang Selaras dengan Konsep Y2K Aesthetic Hybrid and Healthy Skin Look

Dikatakan pula bahwa lendir siput ini mengandung Allatoin, Peptide, anti bakteri, dan nutrisi lain yang dipercaya dapat membuat tampilan kulit lebih berkilau.

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Menurut sebuah survei terbatas yang dilakukan oleh pakar Biologi dari Tulane University, New Orleans - Louisiana terhadap 25 partisipan dengan kulit rusak, menggunakan krim dengan berbahan dasar lendir siput terbukti mampu mengurangi kerutan dan kulit kasar dalam 12 minggu.

Hal ini berkat asam glikolat atau glycolic acid dalam siput membantu memproduksi kolagen dan elastin serta mampu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Baca Juga: Platform Digital Ini Efektif Membantu Kurasi Produk Kecantikan dari Korea Selatan

Mengungkap manfaat lendir siput lainnya, ada pula studi ilmiah yang menemukan bahwa Snail Filtrate mampu mencegah penuaan dini melalui protein dan Kitin yang terkandung di dalamnya.

Dalam penelitian tersebut, dilakukan metode eksperimen yang menggunakan paparan sinar UV terhadap punggung hewan (kelinci) yang coba dikerutkan selama 14 hari.

Snail Filtrate lalu dimanfaatkan sebagai senyawa aktif dalam formulasi krim yang digunakan. Formulasinya  dibagi dalam empat kategoru, yakni formula konsentrasi 0% (tanpa Snail filtrate), 5%, 10% dan 15%.

Hasilnya, ditemukan bahwa dengan konsentrasi 5%, Snail filtrate punya efektivitas lebih kuat. Kesimpulannya, formulasi kandungan Snail filtrate harus dapat diseimbangkan dengan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Skin Soul body lotion by Amanda Manopo mengandung manfaat lendir siput. (Istimewa/Skin Soul)
Skin Soul body lotion by Amanda Manopo mengandung manfaat lendir siput. (Istimewa/Skin Soul)

Kini, manfaat lendir siput juga bisa didapatkan dari brand lokal Skin Soul body lotion by Amanda Manopo. Menurut Amanda Manopo sebagai founder dari Skin Soul, produk body lotion ini memiliki formula terbaik dari Korea yang bekerja cepat menyerap untuk memperbaiki kulit terluar karena paparan sinar matahari, radiasi dan polusi sehingga kulit terus sehat dan terawat.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Skincare, Jangan Salah Pilih!

Ada yang sudah pernah coba dan merasakan sendiri khasiat dari lendir siput? Jika belum, apakah tertarik untuk mencobanya?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI