Ini Kelebihan Kuteks Water-Based, Aman Digunakan untuk Anak-Anak hingga Ibu Hamil dan Menyusui

Ada beberapa jenis kuteks bisa dibilang tidak aman untuk kesehatan. Produk cat kuku yang water-based dinilai lebih aman dengan beberapa kelebihannya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 April 2022 icon 18:01 WIB
Ini Kelebihan Kuteks Water-Based, Aman Digunakan untuk Anak-Anak hingga Ibu Hamil dan Menyusui

Produk kuteks halal dari Kynd Beauty (Istimewa)

Saat memilih kuteks untuk mempercantik kuku, bukan hanya variasi warnanya saja yang harus diperhatikan. Penting juga untuk mempertimbangkan apa saja bahan yang terkandung dalam produk cat kuku tersebut.

Gitta Amelia, Co-Founder Kynd Beauty mengungkapkan, ada beberapa jenis cat kuku yang paling populer. Hanya saja, ada jenis kuteks yang sebaiknya dihindari karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Pertama, Gitta menyebut cat kuku yang mengandung formalin. Jenis ini bisa dikatakan sudah ditinggalkan karena memang berbahaya. Selain bisa menyebabkan kanker, juga dibutuhkan aseton untuk menghapusnya, padahal bahan tersebut jelas tidak ramah lingkungan.

Baca Juga: Jangan Begini Lagi! 5 Kesalahan Paling Umum saat Pakai Produk Kecantikan

Selanjutnya, ada cat kuku gel yang terkenal tahan lama sehingga terbilang lebih populer saat ini. Namun, menurut Gitta, jenis ini juga kurang direkomendasikan karena prosesnya menggunakan sinar UV yang bisa berdampak pada kesehatan.

Produk kuteks halal dari Kynd Beauty (Istimewa)
Produk kuteks halal dari Kynd Beauty (Istimewa)

Gitta lalu menyebut kuteks water-based sebagai alternatif yang lebih aman. "Cat kuku berbahan dasar air ini aman, tapi mudah sekali pecah dan transparan sehingga harus berulang kali dipakai sampai ada warna yang benar-benar solid," ungkapnya dalam Press Conference Launch Kynd Beauty, Selasa (5/4/2022).

Gitta percaya bahwa produk water-based akan jadi lebih populer karena lebih sehat dan ramah lingkungan. Namun, harus ada solusi untuk kuteks water-based yang biasanya memiliki warna cenderung transparan dan mudah terkelupas atau rusak.

Baca Juga: Jadi Produk Terlaris di Indonesia, Cat Kuku Ini Sukses Raih Rekor MURI

Setelah dua tahun riset dan formulasi, Kynd Beauty menghasilkan pewarna kuku halal yang water-based dengan solid-color technology. Formula ini menghasilkan warna yang pekat dan tidak transparan hanya dalam satu lapisan pengaplikasian.

Nah, pada April ini, brand kecantikan lokal Kynd Beauty meluncurkan Creamy Collection dengan 9 warna pastel dan 1 clear top/base coat. Menariknya, ini merupakan pewarna kuku peelable pertama di Indonesia yang diformulasikan dengan solid color lock technology.

Selain bisa menghasilkan warna solid dan pekat pada permukaan kuku hanya dengan satu lapis pengaplikasian, kuteks dari Kynd Beauty juga tetap breathable dan wudhlu friendly.

Gitta pun mengatakan bahwa kuteks dari Kynd Beauty aman untuk digunakan anak-anak maupun ibu hamil dan menyusui.

"Ini adalah alternatif yang sehat untuk orangtua yang anak dan tentu anak-anak yang suka bermain warna," ujarnya.

Produk kuteks halal dari Kynd Beauty (Istimewa)
Produk kuteks halal dari Kynd Beauty (Istimewa)

Putu Ayu Saraswati yang juga Co-Founder Kynd Beauty pun menegaskan bahwa produknya aman untuk segala umur, termasuk anak-anak dan ibu hamil maupun menyusui. Bahkan, itu menjadi salah satu hal yang diutamakan saat pengembangan produk.

"Bukan hanya tidak berbahaya, tapi semakin dipakai, kuku semakin terhidrasi dan kuku tidak akan rusak, misalnya berubah tampak seperti kekuningan," tutur Ayu.

Creamy Collection oleh Kynd Beauty tersedia dalam 9 warna pastel yang manis dan 1 clear top/base coat. Warna-warnanya pun memiliki nama yang sangat unik yaitu Terracotta, Sea Shell, Bermuda, Penny Lane, Smoothie Bowl, Mexicola, Milk & Madu, Honey Waffles, dan Poolside.

Baca Juga: Viral Wanita Ini Asyik Pakai Kuteks di Motor, Bosan saat Lampu Merah

Kuteks halal, vegan, dan cruelty-free ini bisa mulai diburu pada 7 April 2022 nanti di situs resmi Kynd Beauty atau di platform Shopee Mall Kynd Beauty. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp79 ribu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI