Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Sudah Tahu Belum?

Serupa tapi tak sama, apa saja perbedaan sunscreen dan sunblock?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 06 Mei 2022 icon 19:09 WIB
Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Sudah Tahu Belum?

Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)

Penggunaan tabir surya atau sunscreen maupun sunblock, sama-sama penting untuk perawatan kulit. Namun, tahukah kamu apa perbedaan sunscreen dan sunblock sebenarnya?

Apa Itu Sunscreen?

Dilansir dari Times of India, Jumat (6/5/2022), penggunaan tabir surya bermanfaat menyaring sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Ini adalah jenis pelindung kulit yang paling umum digunakan dan mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga: 3 Cara Memilih Produk Tabir Surya, Simak Tips dari Dermatologis

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Sunscreen umumnya punya konsistensi yang lebih ringan ketimbang sunblock. Hal ini karena adanya perbedaan formulasi dan tujuan penggunaannya.

Sunscreen juga lebih mudah dibersihkan dan kadang bisa hilang cuma karena keringat. Oleh karena itu, penting untuk pengaplikasian ulang secara berkala untuk perlindungan secara optimal.

Para ahli pun merekomendasikan tabir surya untuk digunakan setiap hari, tidak hanya ketika cuaca panas atau saat beraktivitas di luar ruangan asja.

Baca Juga: Inovasi Menarik, Sunscreen Ini Dilengkapi 4 Autobooster Technology

Apa Itu Sunblock?

Sunblock dapat dikatakan tak sepopuler sunscreen. Tujuan penggunaan sunblock adalah memantulkan sinar matahari sehingga tidak menembus kulit.

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan sunblock. (Shutterstock)

Sunblock dibuat menggunakan formula yang berbeda dari sunscreen sehingga menghasilkan konsistensi yang lebih kental dan berat seperti pasta.

Sunblock juga jauh lebih sulit dibersihkan dan tak gampang luntur seperti tabir surya biasa. Jadi, produk skincare ini sangat ideal untuk melindungi kulit ketika berenang di kolam renang atau pantai.

Baca Juga: Jangan Takut Matahari! Nadine Chandrawinata Sadari Pentingnya Sunscreen

Itulah perbedaan sunscreen dan sunblock yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, penggunaan sunscreen maupun sunblock sama-sama bagian dari upaya perlindungan kulit yang sangat baik bila digunakan dengan tepat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI