Cantik Nggak Harus Mahal, Inilah 5 Manfaat Maskeran Pakai Tomat

Tomat bisa diolah menjadi berbagai masker alami yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan wajah.

By: Dinar Surya Oktarini icon Minggu, 17 Juni 2018 icon 19:30 WIB
Cantik Nggak Harus Mahal, Inilah 5 Manfaat Maskeran Pakai Tomat

ilustrasi buah tomat/pexels.com

Ada banyak cara untuk menikmati manfaat buah tomat. Selain dibikin jus, tomat juga enak diolah sebagai bahan masakan maupun dikonsumsi langsung begitu saja layaknya buah segar. Tapi bukan cuma itu saja ternyata. Tomat juga bisa dijadikan masker yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan wajah lho.

Berikut adalah beberapa manfaat tomat bagi perawatan wajah cantikmu.

1. Mencerahkan wajah

Ilustrasi masker tomat / Pinterest

Ilustrasi masker tomat / Pinterest

Tingginya kandungan vitamin C pada tomat bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Kamu bisa membuat masker sederhana dengan mengiris tipis tomat, lalu menempelkannya pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air. Gampang kan?

2. Membantu menghilangkan jerawat

Tomat juga bisa dijadikan masker alami untuk mengatasi kulit berjerawat. Haluskan tomat, campur dengan perasan air lemon, dan jadilah masker tomat yang bisa kamu gunakan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Kompres wajah yang terlah dibersihkan dengan handuk hangat agar pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Celupkan kapas pada jus tomat lalu oleskan pada wajah dan biarkan meresap selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kalau kamu telaten, cara alami ini bisa membikin pori-porimu mengecil.

Ilustrasi masker tomat / Pinterest

Ilustrasi masker tomat / Pinterest

4. Mengurangi kadar minyak pada wajah

Wajah berminyak memang menyebalkan karena membuat penampilanmu terlihat kusam dan rawan jerawat. Untuk mengatasinya, coba haluskan tomat bersama timun dengan blender. Aplikasikan pada wajah sebagai masker selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Menangkal radikal bebas

Tomat juga mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan wajah. Kalau kamu rajin maskeran pakai tomat, itu sudah sekaligus melindungi wajahmu dari berbagai radikal bebas yang selalu mengancam, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Jadi, kapan mau mulai maskeran pakai tomat?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI