Alpha Arbutin, Kandungan Pemutih dalam Skincare yang Makin Dicari

Mulai sekarang pastikan kandungan pemutih wajah dengan alpha arbutin ada dalam skincare kamu ya!

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 25 Juli 2018 icon 09:15 WIB
Alpha Arbutin, Kandungan Pemutih dalam Skincare yang Makin Dicari

Ilustrasi skincare/pinterest.com

Girls, memakai produk pemutih dalam skincare sah-sah saja asalkan kalian teliti membaca komposisi bahan, karena nggak semua pemutih wajah baik bagi kulit. Salah satu kandungan pemutih dalam skincare yang aman digunakan adalah alpha arbutin. Selain ampuh memutihkan, alpha arbutin juga tidak memberikan efek samping pada kulit wajah. Penasaran seperti apa seluk beluk alpha arbutin? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahan dasar alpha arbutin

Alpha arbutin alami kebanyakan diperoleh dari daun bearberry yang sudah diproses dan diambil ekstraknya. Sebelum dikenal sebagai bahan penghasil arbutin, daun bearberry telah lama digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih dan masalah batu ginjal. Alternatif tanaman lain penghasil arbutin adalah gandum, daun blueberry dan cranberry. Beberapa ahli juga berpendapat jika kulit buah pir mengandung alpha arbutin.

Baca Juga: Kesalahan Penggunaan Makeup Ini Sering Terjadi, Kamu Juga Pernah?

tanaman bearberry penghasil arbutin/pinterest.com
tanaman bearberry penghasil arbutin/pinterest.com

 

Cara kerja alpha arbutin

Girls, tone kulit wajah ditentukan oleh banyaknya melanin yang dihasilkan oleh melanosit. Melanin sendiri terbentuk melalui proses yang disebut melanogenesis dengan bantuan enzim tirosinase. Nah alpha arbutin ini ampuh untuk menekan produksi enzim tirosinase. Dengan begitu, produksi melanin dapat dikurangi sehingga wajah kita memiliki kulit yang cerah. Bahkan kandungan ini ampuh memutihkan warna kulit tidak merata seperti lutut, siku dan ketiak.

Baca Juga: Agar Lipstick Awet Seharian, Lakukan Trik Ini

Siku kasar/WomensOK.com
alpha arbutin juga ampuh putihkan siku/WomensOK.com

 

Tinggalkan hydroquinone dan beralih pada alpha arbutin

Dulu, pemutih kandungan pemutih wajah yang paling ampuh adalah hydroquinone, namun belakangan diketahui jika hydroquinone berbahaya bagi kesehatan kulit. Hal ini membuat para ahli dermatologis mencari alternatif lain sebagai kandungan pemutih wajah yang aman.  Kemudian muncullah alpha arbutin yang lebih aman dan sama ampuhnya dengan hydroquinone.

contoh skincare dengan kandungan alpha arbutin/pinterest.com
contoh skincare dengan kandungan alpha arbutin/pinterest.com

 

Gimana girls, sudah mengenal alpha arbutin? Mulai sekarang pastikan kandungan pemutih wajah dengan alpha arbutin ada dalam skincare kamu ya!

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI