6 Langkah Agar Hasil Catok Rambut Awet Seharian

Baru sejam rambut catokan udah balik ke semula? Coba ikuti langkah ini.

By: Dinar Surya Oktarini icon Sabtu, 01 September 2018 icon 16:02 WIB
6 Langkah Agar Hasil Catok Rambut Awet Seharian

Catok rambut. (Pinterest)

Nggak cuma makeup, mencatok rambut juga jadi kegiatan wajib bagi beberapa cewek untuk tampil lebih memukau layaknya model-model di iklan sampo. Nah masalah klasik yang sering terjadi adalah hasil catokan yang nggak bertahan lama. Baru beberapa jam beraktivitas, bentuk rambut sudah kembali seperti semula. Padahal mencatok rambut itu nggak bisa fleksibel dilakukan seperti touch up makeup. Terus gimana dong solusinya? Yuk ikuti langkah berikut ini biar rambut hasil catokan awet seharian.

1. Bersihkan rambut dulu

Semuanya bermula di kamar mandi. Pastikan kamu sudah keramas hingga rambut benar-benar bersih dan melakukan deep conditioning untuk melembapkan rambut. Kalau perlu, gunakan vitamin rambut juga untuk menjaga rambut agar tetap sehat karena sering mencatok bisa bikin kering dan bercabang.

Keramas. (Pinterest)
Keramas. (Pinterest)

 

2. Keringkan rambut

Jangan pernah mencatok rambut yang masih basah dan berminyak ya Girls. Rambut yang dicatok harus dalam keadaan benar-benar kering, sebab kalau dicatok dalam keadaan basah bakal merusakkan rambut.

3. Sisir rambut

Biar rambut lurus dan mudah dicatok, sisir dulu rambut hingga tuntas ya. Mulai dari sisir ujungnya dengan lembut baru sisir bagian atas ke bawah.

Menyisir rambut. (Pinterest)
Menyisir rambut. (Pinterest)

 

4. Pakai produk styling

Biar rambut nggak kaget, gunakan produk styling terlebih dahulu seperti serum dan heat protectant. Selain melindungi dan menutrisi rambut, mereka juga bisa membantu rambut lurus seharian.

5. Hindari layer tebal

Mula-mula bagi rambut ke beberapa bagian lalu gulung sisa rambut yang belum dikerjakan. Kesalahan yang sering terjadi adalah membaginya dalam layer terlalu tebal. Lebih baik bagi rambut dengan layer tipis-tipis.

Setelah itu mulai catok dari akar atau tengah hingga ke ujung rambut secara perlahan hingga semua bagian tercatok. Setelah selesai, gulung kembali rambut, dan secure dengan jepit. Cara ini dapat membuat rambut yang telah dicatok lebih tahan lama.

Mengeringkan rambut. (Pinterest)
Mengeringkan rambut. (Pinterest)

 

6. Catok dengan suhu sedang

Saat mencatok rambut, selain menggunakan alat yang profesional kita juga harus menggunakan suhu sedang. Sebab suhu terlalu tinggi akan membakar rambut dan merusaknya. Sebaliknya, terlalu rendah akan membuat hasil catokan cepat buyar.

Itulah enam langkah agar hasil catok rambut awet seharian. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI