Stan Smith, Petenis Legendaris yang Jadi Ikon Sepatu Populer

Nama Stan Smith terlalu identik dengan seri sepatu populer, tapi tidak banyak yang tahu siapa dia sebenarnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 September 2018 icon 17:30 WIB
Stan Smith, Petenis Legendaris yang Jadi Ikon Sepatu Populer

Stan Smith dan sepatu legendaris yang identik dengan namanya. (Instagram/@adidasoriginals)

Banyak orang yang mengenal Stan Smith sebagai salah satu ikon sepatu Adidas paling fashionable. Tapi tidak banyak yang menyadari jika seri sepatu paling populer itu berasal dari nama seorang petenis legendaris.

Stan Smith awalnya adalah seorang petenis berprestasi kelas dunia. Dia merupakan peraih dua kali juara tunggal putra Grand Slam Wimbledon pada 1972 dan AS Terbuka tahun 1971.

Prestasi Stan Smith berawal pada tahun 1960an, di mana saat itu dia mengoleksi lima gelar Grand Slam lain dari kategori ganda, yakni di Australia Open 1970 dan di AS Terbuka pada 1968, 1974, 1978 dan 1980.

Baca Juga: Stella McCartney Luncurkan Sneakers Adidas Stan Smith Vegetarian

Stan Smith dan sepatu legendaris yang identik dengan namanya. (Instagram/@adidasoriginals)
Stan Smith dan sepatu legendaris yang identik dengan namanya. (Instagram/@adidasoriginals)

Prestasinya yang sangat gemilang membuat namanya direkrut oleh Adidas menjadi ikon salah satu model sepatu khusus tenis. Smith tentu menyambut 'prestasi' baru itu dengan tangan terbuka, namun dirinya mengaku tidak menyangka jika sepatu seri Stan Smith akan menjadi salah satu sepatu paling populer di dunia.

Awalnya, sepatu ini memiliki desain khusus untuk olahraga tenis. Hanya saja, belakangan berubah menjadi ikon sepatu fashionable yang banyak digemari di seluruh dunia.

Bahkan, sepatu dengan ukiran namanya menjadi salah satu sepatu yang paling banyak diburu. Tahun 2015 menjadi tahun gemilang bagi sepatu Adidas seri Stan Smith karena produknya diburu secara gila-gilaan.

Baca Juga: Boys, Inspirasi Fashion Cowok Ini Bikin Kalian Makin Stylish

Tidak berakhir sampai di sana. Kini, 3 tahun sudah berlalu dan sepatu Adidas Stan Smith tetap menjadi incaran kolektor.

Jika dihitung berdasarkan angka, maka sudah lebih dari 40 juta pasang sepatu Adidas Stan Smith laku terjual di seluruh dunia.

Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)
Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)

Stan Smith sendiri mengaku senang dengan fakta ini, meskipun itu artinya nama dia lebih dikenal sebagai seri sepatu fashion daripada prestasi yang sudah ditorehkannya.

Pria dengan tujuh gelar Davis Cup untuk Amerika Serikat ini sudah paham, bagaimana namanya menyusup jadi bagian dari trend fashion dunia.

Dia juga sudah iklas jika 95% orang menyebut namanya sebagai seri sepatu. Cukup 5% sisanya saja yang perlu paham bagaimana eksistensi dia dalam dunia tenis.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Reebok Rilis Sepatu yang Terbuat dari Tanaman

Meskipun prestasi Stan Smith dalam bidang olahraga tenis sudah menguap, tapi kita masih bisa mengenal namanya sebagai ikon sepatu populer. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI