Tangan Pecah-Pecah? Coba Atasi dengan Perawatan Alami Ini

Bahannya tidak mahal.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 30 November 2018 icon 10:00 WIB
Tangan Pecah-Pecah? Coba Atasi dengan Perawatan Alami Ini

Kulit Tangan. (Pexels)

Kita mungkin sudah menghabiskan banyak waktu untuk merawat kulit wajah dan badan hingga lupa akan satu area, yakni tangan. Baik itu bagian telapak, punggung maupun sela-sela jari.

Padahal tangan selalu digunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari, mulai dari mencuci, memasak, dan bersih-bersih. Kegiatan tersebut cenderung membuat kulit kering, kasar serta menyebabkan kulit retak dan pecah-pecah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan perawatan alami di bawah ini, seperti yang dilansir dari Boldsky.

Baca Juga: Memanfaatkan Kulit Pisang untuk Perawatan Leher, Gimana Caranya?

1. Krim mawar dan lemon

Bahan-bahan yang diperlukan adalah beberapa kelopak mawar segar dan kulit lemon. Tuang secangkir minyak zaitun dalam botol kaca dan tambahkan kelopak mawar segar serta kulit lemon ke dalamnya.

Simpan racikan itu di tempat yang dingin selama seminggu. Setelah seminggu saring minyaknya. Pijat tangan dengan minyak ini setiap hari di bagian yang pecah-pecah sampai kamu melihat perbedaannya.

Baca Juga: Tahu Nggak Sih, Bentuk Tangan Bisa Mewakili Karaktermu Lho!

Ilustrasi mawar. (Pixabay)
Ilustrasi mawar. (Pixabay)

2. Scrub baking soda dan minyak kelapa

Kandungan eksfoliasi dari baking soda membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan gelap. Sedangkan minyak kelapa membantu dalam memberi nutrisi dan melembabkan kulit.

Dalam mangkuk, campurkan 1/4 cangkir soda kue dan 1/2 cangkir minyak kelapa. Jika minyak kelapa dalam keadaan cair, sedikit hangatkan dan kemudian baru gunakan.

Campur bahan-bahannya dengan baik. Oleskan ini di tangan dan gosok dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Kopi dan grapessed oil

Kopi juga merupakan agen eksfoliasi alami yang akan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan kulit. Kemudian grapessed oil jika digunakan pada kulit, akan membantu menjaga kulit tetap lembut dan lentur.

Campurkan 3 sdm bubuk kopi dan 1 sdm minyak grapeseed dalam mangkuk. Mulailah aplikasikan ini di tangan yang pecah-pecah dan pijat lembut dengan bantuan ujung jari selama 2-3 menit, kemudian diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, cuci bersih menggunakan air dingin.

bubuk kopi/pexels.com
Bubuk kopi. (Pexels)

4. Sea salt dan jojoba oil

Sea salt atau garam laut adalah salah satu solusi terbaik untuk digunakan pada kulit yang kering dan pecah-pecah. Ia dapat dengan cepat menenangkan kulit dan menyembuhkan masalah kulit.

Cukup campurkan 1/2 cangkir garam laut dan 1/4 cangkir minyak jojoba. Oleskan di tangan dan pijat dengan lembut. Cuci dengan air hangat setelah didiamkan 30 menit.

Baca Juga: Nggak Perlu Bayar Mahal, Usir Keriput di Tangan dengan Bahan Ini

Itulah beberapa cara merawat kulit secara alami. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI