Cegah Keriput, 5 Kandungan Ini Wajib Ada di Krim Mata Andalanmu

Sudah rutin pakai krim mata?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Februari 2019 icon 11:30 WIB
Cegah Keriput, 5 Kandungan Ini Wajib Ada di Krim Mata Andalanmu

Ilustrasi menggunakan krim mata. (Unsplash/Sarah Comeau)

Kulit di sekitar mata cenderung lebih mudah timbul garis-garis halus dan kerutan. Demi mencegah keriput, pemakaian krim mata sangat dianjurkan.

Ada alasan kenapa kulit di sekitar mata terlihat lebih mudah berkeriput. Kulit di sekitar mata cenderung tipis sehingga sensitif terhadap peregangan, membuatnya lebih cepat menua daripada kulit di bagian lain pada wajah

Namun, bersyukurlah pada teknologi kecantikan yang terus berkembang. Tak sulit bagi untuk mempertahankan kondisi kulit tetap awet muda. Ya, cukup rajin menggunakan krim mata setiap hari. Hanya saja, mengingat banyaknya opsi yang tersedia di pasaran, bagaimana cara mengetahui krim mata paling efektif?

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Mencegah Keriput dengan Minyak Vitamin E

Dilansir dari laman Prevention, Tara Rao, MD, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group dan Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di Rumah Sakit Mount Sinai, menyebutkan beberapa kandungan yang wajib ada di dalam krim mata sehingga lebih efektif memerangi keriput di sekitar kulit mata.

Menggunakan krim mata. (Shutterstock)
Menggunakan krim mata. (Shutterstock)

1. Asam hialuronat

Ditemukan secara alami di kulit, asam hialuronat merupakan bentuk gula yang menarik air dan membantu melembapkan serta mengenyalkan kulit. Dr.Rao bilang, kerutan di kulit bawah mata sebagian besar disebabkan oleh kondisi kulit kering dan asam hialuronat terbukti dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Peptida 

Peptida tembaga, polipeptida, dan oligopeptida dapat menembus lapisan kulit dan membantu membangun asam hialuronat dan kolagen. Protein pembangun ini mengikat sel-sel dan jaringan bersama-sama layaknya lem, mengurangi kerutan di kulit wajah.

3. Retinol 

Krim mata andalanmu juga mesti mengandung retinol. Turunan vitamin A ini merangsang produksi kolagen dan mendorong pergantian sel untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk mencegah keriput.

Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Alexandra Gorn)
Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Alexandra Gorn)

4. Tabir surya

Manfaat tabir surya sepertinya tidak perlu dijabarkan lagi. Tanpa perlindungan yang tepat, sinar UV dari matahari bisa memecah kolagen dan menyebabkan kulit lebih mudah menua.

5. Antioksidan

Krim mata juga perlu dipastikan kaya kandungan antioksidan. Vitamin C dan E, asam ferulic, dan ekstrak berry membantu mengurangi stres oksidatif akibat sinar UV atau polutan, jelas Dr. Rao. Semua itu adalah jenis antioksidan yang umum digunakan dalam produk krim mata dan dapat membantu mengurangi garis-garis halus serta kerutan. (Suara.com/Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI