Jadi Merah Kecokelatan, Bagaimana Sinar Matahari Bisa Ubah Warna Rambut?

Mengapa warna rambut hitam kelam bisa memerah setelah kena matahari?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 22 Oktober 2019 icon 12:00 WIB
Jadi Merah Kecokelatan, Bagaimana Sinar Matahari Bisa Ubah Warna Rambut?

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan mungkin menyadari warna rambut sudah tak sepekat dulu. Dulunya hitam legam, mengapa jadi merah kecokelatan seperti warna tembaga?

Melansir Hellosehat, rambut terbuat dari protein khusus yang disebut keratin dan tumbuh di folikel yang tertanam dalam kulit kepala.

Dalam folikel, sel rambut yang masih hidup bakal terus membelah untuk membentuk batang rambut. Sementara itu, folikel juga memproduksi melanin untuk menciptakan warna batang rambut. Semakin banyak melanin yang diproduksi, warna rambut juga akan semakin hitam legam.

Baca Juga: Rambutnya Blonde, Kendall Jenner Enggan Dianggap Mirip Khloe Kardashian

Batang rambut akan terus tumbuh mencuat hingga keluar kulit kepala dan memanjang. Proses pewarnaan dan pertumbuhan rambut dibantu oleh aliran darah segar dari jantung yang membawa oksigen dan nutrisi menuju folikel.

Nah, paparan sinar matahari bisa menghancurkan sel melanin di dalam batang rambut. Radiasi ultraviolet sinar matahari akan "membakar" melanin yang tadinya membawa pigmen warna hitam menjadi coklat kemerahan seperti warna karat. Proses ini disebut oksidasi. 

Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)
Paparan matahari bisa menyebabkan rambut berubah warna. (Shutterstock)

Sederhananya, warna rambut memerah karena batang rambut "gosong" setelah kena matahari sehingga kandungan melanin di dalamnya jadi sangat sedikit.

Baca Juga: Paling Pirang Selama Jadi Duchess, Ini Warna Rambut Baru Kate Middleton

Walau begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar rambut tidak rusak karena sinar matahari. Dermatolog dari Cleveland Clinic dr. Wilma Bergfeld menyarankan untuk sering merawat rambut dengan kondisioner setelah keramas guna mencegah rambut semakin rusak.

Carilah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan masalahnya. Bagi yang suka beraktivitas di bawah terik sinar matahari, Dr. Bergfeld merekomendasikan pakai kondisioner dengan  formula volumizing agar rambut tak cepat lepek dan berminyak.

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Ionut Comanici)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Ionut Comanici)

Anda juga disarankan sebisa mungkin keluar rumah pagi-pagi sekali atau bahkan sore menjelang Maghrib waktu sinar matahari sudah redup agar warna rambut tidak mudah berubah. Namun jika memang mesti keluar di siang hari, pakai topi atau payung untuk melindungi rambut.

Baca Juga: Baca Dulu Sebelum Beli, Yuk Kenali Bedanya Sunscreen Kimia dan Mineral

Sang dermatolog menambahkan, sampai sekarang memang belum ada tabir surya atau sunscreen khusus rambut. Meski begitu, Anda dapat menggunakan spray heat protectant untuk melindungi rambut dari cuaca panas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI