3 Kunci Diet Skincare, Begini Cara Melakukannya agar Kulit Tetap Glowing Paripurna

Apa itu diet skincare? Memberikan banyak manfaat bagi kulit, simak tips aman melakukannya di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 24 Agustus 2023 icon 10:15 WIB
3 Kunci Diet Skincare, Begini Cara Melakukannya agar Kulit Tetap Glowing Paripurna

Ilustrasi Memakai Skincare (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ada banyak metode yang bisa dipilih untuk mendapatkan kondisi kulit idaman, salah satunya diet skincare. Siapa sangka, ternyata diet tidak hanya dapat cuma soal mengatur pola makan demi meraih body goals, tapi juga bisa terkait penggunaan skincare dalam rutinitas perawatan kecantikan.

Apa Itu Diet Skincare?

Melansir Krave Beauty, diet skincare adalah upaya mengurangi rutinitas perawatan kulit dan mengembalikan perawatan dengan bahan-bahan mendasar. Artinya, Anda diajak menggunakan basic skincare yang bersifat membersihkan, melembapkan, dan melindungi dari sinar UV.

Baca Juga: Jadi Kandungan Skincare Populer, Ternyata Ini 5 Manfaat Ajaib Hyaluronic Acid

Diet skincare umunnya ditempuh saat kulit menjadi lebih sensitif atau terlalu mudah iritasi karena penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan. Tujuan utamanya adalah mengembalikan kondisi skin barrier.

Bagaimana Cara Melakukan Diet Skincare?

Setiap orang mungkin saja perlu menerapkan cara diet skincare yang berbeda, tergantung kondisi kulit masing-masing. Berikut adalah cara diet skincare yang paling umum digunakan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata, Tak Harus Pakai Skincare Mahal

1. Pentingnya mengatur ulang rangkaian skincare

Tiga rangkaian perawatan yang paling penting digunakan saat diet skincare adalah double cleansing, penggunaan pelembap, dan sunscreen.

Terapkan rangkaian skincare tersebut minimal selama satu bulan dan coba lihat perubahannya. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat.

2. Tambahkan suplemen

Kalau langkah pertama sudah berhasil, saatnya menambahkan produk lain untuk perawatan kulit. Coba masukkan suplemen yang memang dibutuhkan kulit. Misal, jika kulit Anda berminyak atau rawan punya jerawat, pakai skincare dengan kandungan niacinamide.

3. Komitmen

Kunci sukses diet skincare adalah konsistensi. Anda mungkin tak melihat perubahan signifikan di awal masa diet skincare, tapi jangan lantas buru-buru kembali ke perawatan skincare berlapis yang malah membuat kulit wajah Anda iritasi.

Proses mengembalikan skin barrier memang sedikit memakan waktu. Walau begitu, saat hasilnya sudah terlihat, Anda bakal menyukainya.

Manfaat Diet Skincare

Walau tak dapat dilihat secara instan, ada banyak manfaat diet skincare untuk kulit wajah yang bisa jadi bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Kulit Masih Sensitif, Ternyata Begini Cara Pilih Skincare Bayi yang Aman

  • mengetahui kebutuhan kulit Anda sebenarnya
  • mengistirahatkan kulit dari tumpukan skincare
  • mengurangi risiko iritasi kulit wajah
  • menghemat pengeluaran untuk skincare.

Itulah sedikit penjelasan tentang diet skincare. Temukan rangkaian skincare yang cocok untuk wajah Anda!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI