7 Cara Mencegah Jerawat Muncul Lagi, Ampuh Tanpa Pakai Obat-obatan Aneh

Masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Bagaimana cara mencegah jerawat membandel muncul lagi?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 September 2023 icon 15:16 WIB
7 Cara Mencegah Jerawat Muncul Lagi, Ampuh Tanpa Pakai Obat-obatan Aneh

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Salah satu masalah kulit yang bikin geregetan karena kerap datang dan pergi adalah jerawat. Mencegah jerawat muncul lagi sering kali malah lebih sulit dibandingkan mengusir jerawat yang baru nongol.

Apakah kamu termasuk orang yang sering kedatangan kembali jerawat setelah baru saja disembuhkan? Solusinya apa?

Cara Ampuh Mencegah Jerawat Muncul Lagi

Baca Juga: 6 Tips Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat, Jangan Asal Pakai Produk Viral

Dirangkum dari American Academy of Dermatology Association, berikut adalah berbagai tips ampuh mencegah jerawat muncul lagi.

1. Menjaga kebersihan kulit

Membersihkan kulit secara teratur merupakan langkah penting mencegah jerawat. Pilih produk pembersih wajah yang lembut dan bebas minyak untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yakni pagi dan malam.

Baca Juga: Cari Produk Skincare untuk Mengatasi Jerawat? Perhatikan Kandungan 6 Bahan Aktif Ini

2. Jangan memencet jerawat

Kamu mungkin sangat tergoda untuk melakukannya, tapi hindari kebiasaan buruk ini. Memencet jerawat bisa menyebabkan peradangan lebih lanjut, infeksi, bahkan meninggalkan bekas luka.

3. Menggunakan produk non-komedogenik

Ini juga termasuk cara ampuh mencegah jerawat muncul lagi. Pilih skincare yang bersifat non-komedogenik atau tidak menyumbat pori-pori.

Produk-produk seperti pelembap, tabir surya, dan kosmetik non-komedogenik, akan membantu menjaga kulit tetap bebas dari sumbatan pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

4. Hindari penggunaan produk berbasis minyak

Produk-produk berbasis minyak, baik untuk wajah atau rambut, bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat datang kembali.

Oleh karenanya, pilih skincare yang lebih ringan, berbasis air atau gel, demi menghindari penumpukan minyak berlebih di kulit.

5. Menjaga pola makan

Asupan makanan sehat dan berigizi seimbang akan berdampak positif pada kesehatan kulit. Jika tak ingin jerawat muncul lagi, kurangi makanan berlemak tinggi, makanan olahan, dan makanan manis. Kamu lebih baik memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein sehat.

6. Hindari stres berlebihan

Stres bisa memengaruhi keseimbangan hormonal sehingga memicu jerawat. Coba kelola stres dengan olahraga, meditasi, atau menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang menyenangkan.

Anda juga harus mendapatkan cukup waktu untuk istirahat. Ini baik untuk membantu menjaga keseimbangan hormonal.

7. Jangan sering menyentuh wajah

Barang-barang seperti handuk, sarung bantal, sikat rambut, bahkan tangan, adalah tempat berkembangnya bakteri yang bisa memicu jerawat.

Baca Juga: 21 Hari Fokus Berjuang Menghilangkan Jerawat, Ini yang Harus Konsisten Dilakukan

Oleh karenanya, pastikan untuk mencuci secara teratur benda-benda tersebut. Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor atau jarang dicuci.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI