Apa Itu Pregnancy Nose? Kondisi yang Bikin Ibu Hamil Insecure Parah

Pregnancy nose sempat ramai diperbincangkan di media sosial sebagai salah satu masalah yang membuat perempuan insecure saat hamil.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 September 2023 icon 12:35 WIB
Apa Itu Pregnancy Nose? Kondisi yang Bikin Ibu Hamil Insecure Parah

Ilustrasi ibu hamil (Pexels/Leah Kelley)

Ada berbagai perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh wanita selama kehamilan. Salah satunya adalah pregnancy nose atau hidung kehamilan. 

Apa itu pregnancy nose yang mungkin dialami ibu hamil? Dikutip dari laman The Conversation, pregnancy nose merupakan istilah yang mengacu pada perubahan hidung wanita selama masa kehamilan.

Saat hamil, hormon dalam tubuh wanita memang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan itu juga bisa memengaruhi berbagai aspek tubuh ibu, termasuk hidung.

Baca Juga: Apa Itu Cegil? Istilah Unik yang Viral di Media Sosial

Salah satu tanda yang umum terjadi saat seorang ibu hamil mengalami pregnancy nose adalah pembengkakan pada jaringan hidung. Alhasil, hidung akan tampak lebih besar dan memanjang.

Perubahan hormon juga bisa berkontribusi pada bentuk hidung, di mana sebagian ibu hamil mengaku hidung mereka tampak lebih melengkung atau membulat selama kehamilan.

Di samping perubahan pada ukuran dan bentuk, ada pula ibu hamil yang mengalami perubahan pada sensasi penciuman. Mereka mungkin mengalami peningkatan sensitivitas penciuman, sementara yang lain justru merasakan penurunan sensasi penciuman atau bahkan kehilangan kemampuan untuk mencium sementara.

Baca Juga: Apa Itu Deep Talk? Ini 5 Manfaat Obrolan Mendalam dengan Pasangan

Bagaimana Cara Mengatasi Pregnancy Nose?

Pregnancy nose pada dasarnya bukan sesuatu yang berbahaya bagi ibu hamil. Kondisi ini juga tidak membutuhkan pengobatan khusus.

Walau begitu, ibu hamil dapat melakukan beberapa hal berikut guna meminimalkan kondisi hidung yang semakin membesar.

Baca Juga: Istilah Duck Syndrome Viral di TikTok, Apa Itu?

  • hindari berdiri terlalu lama
  • berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi
  • hindari pakaian terlalu ketat, terutama di area pergelangan kaki dan tangan
  • kompres dingin pada area yang bengkak
  • kurangi minum kafein dan asupan natrium
  • penuhi kebutuhan cairan harian
  • jangan terlalu lama berada di luar saat cuaca panas
  • jangan terlalu kelelahan.

Kendati perubahan hidung selama kehamilan mungkin bervariasi kasusnya, sebagian besar hanya bersifat sementara dan akan kembali normal setelah ibu melahirkan.

BERITA TERKAIT