5 Cara Pakai Maskara yang Benar, Bulu Mata Lentik Anti Belepotan

Maskara bisa membuat bulu mata terlihat lebih bervolume dan lentik. Bagaimana cara menggunakan maskara yang benar?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 16 September 2023 icon 18:14 WIB
5 Cara Pakai Maskara yang Benar, Bulu Mata Lentik Anti Belepotan

Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)

Punya bulu mata tipis dan arah tumbuhnya cenderung turun tidak mau eyelash extension? Tak harus pasang bulu mata palsu, maskara bisa jadi andalan. Bagaimana cara menggunakan maskara yang benar agar bulu mata lentik dan tahan lama seharian?

Alat makeup satu ini memang bisa mengubah penampilan bulu mata secara dramatis. Hanya saja, kadang maskara bisa jadi berantakan atau tampak menggumpal.

Ada sejumlah trik yang dapat diikuti untuk mendapatkan hasil pulasan maskara yang sempurna, mulai dari langkah-langkah hingga pemilihan formula maskara sesuai kondisi bulu mata.

Baca Juga: Kaya Ceramide dan Ekstrak Centella Asiatica, Produk Ini Bikin Makeup Lebih Flawless dan Tahan Lama

Cara Menggunakan Maskara yang Benar

1. Pastikan bulu mata bersih

Pertama, kamu perlu memastikan bulu mata sudah bersih dari sisa semua makeup. Residu yang tertinggal menjadikan maskara rawan menggumpal, termasuk sisa eyeliner cair ataupun liquid eyeshadow.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Wudhu Tanpa Menghapus Makeup? Ini Syaratnya agar Tetap Sah

Gunakan spoolie untuk menyikat secara perlahan bulu mata ke atas. Jika perlu, bubuhkan sedikit demi sedikit makeup remover pada spoolie.

2. Kenali bentuk bulu mata

Sebelum beli maskara, pastikan kamu sudah mengetahui bentuk dan jenis bulu matamu supaya pengaplikasiannya nanti lebih mudah.

Kalau bulu mata cenderung tumbuh turun, pilih maskara dengan formula dan hasil akhir bisa melentikkan. Jika kamu bulu matamu tipis, pilih maskara dengan formula dan hasil akhir yang menebalkan.

3. Pakai penjepit bulu mata

Cara menggunakan maskara yang benar berikutnya adalah menggunakan penjepit bulu mata. Ini akan membantu bulu matamu terangkat sehingga menjadi lebih lentik dan tampak panjang.

Biar hasilnya lebih cantik, angkat sedikit kepala dan posisikan penjepit bulu mata tepat berada di akar bulu mata. Selanjutnya, tahan penjepit bulu mata tanpa harus menariknya selama beberapa detik.

4. Pahami bentuk kuas maskara

Maskara juga memiliki bentuk yang beragam. JIka ingin hasil riasan bulu mata yang lebih bervolume, pilih maskara yang kuasnya cenderung besar di tengah dan kecil di ujungnya.

5. Aplikasikan maskara dari bawah

Baca Juga: Bisa Awet Seharian, Intip 5 Tips Makeup Tahan Lama Tanpa Crack!

Pastikan untuk mulai mengaplikasikan maskara dari bagian bawah. Aplikasikan dengan melakukan gerakan zig-zag ke kanan dan kiri, lalu ke atas. Ini agar hasilnya tak menggumpal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI