Survei Fashion Trend 2023: Media Sosial Jadi Sumber Informasi Belanja Produk Mode

Selain media sosial, banyak pula orang yang masih mempertimbangkan rekomendasi teman.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 22 Oktober 2023 icon 09:44 WIB
Survei Fashion Trend 2023: Media Sosial Jadi Sumber Informasi Belanja Produk Mode

Ilustrasi perempuan modis (Pexels/Athena)

Media sosial menjadi sumber informasi utama dalam mencari tahu produk fesyen sebelum membelinya.

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan pembeli produk fesyen di Indonesia. Laporan yang melibatkan 702 responden ini menunjukkan apa saja tipe pakaian yang dibeli hingga pertengahan tahun 2023 dan tingkat kepuasannya, serta pertimbangan dalam membeli pakaian. 

Laporan terbagi dalam lima kategori, yaitu pakaian kasual, pakaian olahraga, pakaian formal, alas kaki, dan aksesoris fesyen. Para responden juga terdiri dalam empat persona yaitu efficient, uptodate, be myself, dan outstanding. 

Baca Juga: Brand Lokal Bisa Ekspansi ke Luar Negeri, Begini Caranya

Ilustrasi perempuan dengan riasan natural (Freepik/benzoix)
Ilustrasi perempuan dengan riasan natural (Freepik/benzoix)

Berdasarkan hasil survei, separuh dari pembeli pakaian kasual mengandalkan akun Instagram resmi brand untuk mencari tahu tentang sandang yang akan dibeli. Mereka juga memperhitungkan rekomendasi dari teman. 

Para pembeli sportswear juga mencari informasi melalui media sosial resmi brand, seperti Instagram (48%) dan YouTube (46%).

Selain itu, akun Instagram resmi brand dan rekomendasi dari teman adalah dua sumber informasi yang hampir setengah pembeli pakaian formal andalkan. 

Baca Juga: 4 Inspirasi Gaya Pria Fashionable, Athleisure hingga Preppy Look

Lebih dari 40% pembeli alas kaki mendapatkan informasi terkait produk fesyen satu ini dari Instagram, baik akun resmi brand maupun lainnya. Sementara, sumber informasi terbanyak bagi pembeli aksesoris fesyen adalah rekomendasi dari teman dengan persentase 42%. 

Baca Juga: Hasil Survei: 89 Persen Gen Z Pakai OTT Streaming Platform untuk Menonton Film

"Mayoritas Gen Z membeli produk fashion dengan pertimbangan agar penampilan mereka selalu terupdate dengan tren terkini. Di sisi lain, mayoritas Gen Y membeli pakaian dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pakaian bagi dirinya dan keluarga, salah satunya kebutuhan berolahraga, sehingga di sini pengaruh tren tidak terlalu besar," ungkap Head of Research Jakpat, Aska Primardi, Jumat (20/10/2023), dikutip dari siaran pers.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI