5 Manfaat Chamomile, Bunga Cantik untuk Perawatan Kulit

Bunga chamomile memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kecantikan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 30 Oktober 2023 icon 18:08 WIB
5 Manfaat Chamomile, Bunga Cantik untuk Perawatan Kulit

Sajian teh kamomil (Pexels/Işıl)

Chamomile atau kamomil kerap diolah menjadi teh karena rasanya yang dianggap unik. Selain membantu mengurangi stres, bunga ini ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kulit.

Apa saja manfaat bunga chamomile untuk kecantikan? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa di antaranya.

1. Membantu Mencerahkan Kulit

Baca Juga: Manfaat Sayur Kale, Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Produk skincare yang mengandung kamomil biasanya membantu mengurangi hiperpigmentasi. Kondisi ini membuat kulit tampak lebih gelap akibat produksi hormon melanin yang berlebih dan umumnya terjadi akibat paparan sinar matahari.

Kamomil mengandung astringent yang berfungsi membantu menyamarkan noda bekas jerawat, mengencangkan pori, dan menghaluskan kulit.

Bunga kamomil (Pixabay/Mabel Amber, who will one day)
Bunga kamomil (Pixabay/Mabel Amber, who will one day)

2. Mengatasi Jerawat

Baca Juga: Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Menyehatkan Rambut

Kamomil mengandung antiradang, antioksidan, dan antibakteri sehingga dapat membantu meredakan peradangan serta kemerahan pada kulit, termasuk akibat jerawat. Penggunaan bunga ini juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dan mempercepat proses regenerasi sel.

3. Mencegah Penuaan Dini

Ini adalah masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Gejala penuaan dini termasuk kulit kusam, kendur, serta munculnya keriput dan garis halus.

Kamomil disebut mampu mencegah berbagai gejala penuaan dini berkat kandungan antioksidan jenis fitokemikal dan polifenol. Kedua senyawa ini akan memabntu mempercepat regenerasi sel dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak esensial kamomil punya senyawa antimikroba yang membantu melindungi kulit dari serangan bakteri, jamur, dan virus. Biasanya diformulasikan dalam produk salep untuk mempercepat penyembuhan luka atau infeksi yang diakibatkan mikroorganisme tersebut.

5. Mengurangi Mata Panda

Lingkaran hitam di area mata biasanya terjadi karena faktor genetik atau buruknya waktu tidur. Salah satu cara untuk memudarkannya adalah menggunakan teh kamomil.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Sakura untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencerahkan Wajah

Caranya, kompres mata dengan kantung teh kamomil secara rutin. Agar hasilnya bisa maksimal, disarankan menggunakannya dalam keadaan dingin.

BERITA TERKAIT