4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Perawatan Kecantikan, Bantu Mencerahkan Wajah

Apa saja manfaat daun jambu biji untuk perawatan kecantikan kulit?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 01 November 2023 icon 12:09 WIB
4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Perawatan Kecantikan, Bantu Mencerahkan Wajah

Daun jambu biji (Pixabay/Ikutrame Channel)

Banyak orang menyukai jambu biji karena rasa manis dan teksturnya yang renyah. Selain buahnya, tak sedikit pula yang pernah mengonsumsi daun jambu biji.

Daun jambu biji selama ini terkenal berkhasiat untuk mengatasi diare. Namun, ternyata daun ini juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Dirangkum dari Alodokter, berikut beberapa manfaat daun jambu biji untuk perawatan kecantikan

1. Membantu melawan kerutan di wajah

Baca Juga: Rekomendasi Powder Foundation untuk Makeup Tahan Lama hingga 24 Jam, Berapa Harganya?

Daun jambu biji membantu menjaga kekencangan kulit sehingga mengurangi kerutan pada wajah. Ini berkat adanya kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan sendiri diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari, polusi udara, dan radikal bebas.

Buah jambu biji (Pixabay/Rajesh Balouria)
Buah jambu biji (Pixabay/Rajesh Balouria)

2. Mencegah timbulnya jerawat

Baca Juga: Rekomendasi Cushion Anti-aging, Mengandung Korean Pearl Extract

Produk kecantikan dengan ekstrak daun jambu biji berkhasiat mampu melindungi kulit wajah dari munculnya jerawat. Manfaat ini berasal dari adanya kandungan asam galat, tanin, dan flavonoid dalam daun ini.

Beragam kandungan tersebut bersifat sebagai antibakteri, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah.

3. Mampu mencerahkan kulit

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan kulit wajah yang selanjutnya adalah khasiatnya dalam mencerahkan kulit wajah. Manfaat ini berkat tingginya kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun jambu biji.

Vitamin C terkenal dengan manfaatnya dalam membantu mencerahkan kulit wajah karena mampu menghambat produksi melanin, yakni pigmen yang menentukan warna kulit. Semakin rendah kadar melanin, kulit akan semakin cerah.

4. Menjaga kelembapan wajah

Manfaat daun jambu biji berikutnya adalah membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Daun ini kaya zat besi yang bermanfaat meningkatkan kolagen, yakni sejenis protein penting dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Baca Juga: Amanda Manopo Jadikan Perawatan Kulit Wajah sebagai Investasi Diri, Ini Produk Favoritnya

Penggunaan produk kecantikan yang mengandung ekstrak daun jambu biji akan membuat kulit wajah terasa lebih halus, lembap, dan kenyal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI