Stres Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi masalah jerawat di punggung yang efektif?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 02 November 2023 icon 17:10 WIB
Stres Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi punya masalah jerawat punggung (Pexels/Karolina Grabowska)

Masalah jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah. Kulit punggung pun rawan mengalaminya. Jika itu yang terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Jerawat punggung mungkin dianggap tak begitu mengganggu karena arena ini seringkali tertutup busana yang dikenakan sehari-hari. Namun, beda cerita jika kamu memakai baju model backless.

Soal penyebab jerawat punggung, dr. Armansjah Dara Sjahruddin, Sp. D.V.E, M.Kes menjelaskan bahwa masalah kulit itu adalah hal lumrah bagi orang-orang yang tinggal di Indonesia sebagai negara tropis.

Baca Juga: Cara Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 3 Perkara Ini

Cuaca panas dan memicu banyak keringat bisa membuat kulit punggung menjadi lembap. Kondisi itu pada akhirnya bisa mendukung perkembangbiakan bakteri dan jamur pemicu jerawat.

Sang dokter juga mengungkapkan, kondisinya bisa menjadi lebih serius pada orang yang mudah berkeringat tapi tidak langsung mandi dan berganti pakaian.

"Bisa terjadi penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat, sehingga akhirnya memicu peradangan, infeksi bakteri, dan jamur," ujarnya dalam siaran pers, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Skin Barrier, Pilih Produk Skincare yang Tepat

Lebih lanjut, dr. Armansjah menyebut bahwa faktor stres turut memicu pertumbuhan jerawat punggung. Oleh karena itu, dia menyarankan jerawat harus segera diatas di mana pun munculnya. Ini karena keberadaan jerawat sendiri sudah memicu stres.

Jerawat punggung bisa dicegah dengan menjaga kulit selalu sehat dan bersih. Kamu tentunya harus rajin mandi atau setidaknya mengganti pakaian, jika kulit banyak berkeringat. Membersihkan kulit akan memperkecil peluang berkembangbiaknya bakteri dan jamur pemicu jerawat.

Penting juga untuk mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung antioksidan, misalnya buah, sayuran, dan protein tanpa lemak. Antioksidan ibarat asupan vitamin yang akan melindungi kulit dari efek-efek buruk di sekitarnya, termasuk polusi, debu, dan kuman.

Memahami kebutuhan para remaja dan dewasa muda yang ingin punya kulit glowing dan sehat bebas jerawat punggung, K Natural White body wash hadir dengan varian terbarunya, yaitu Jeju Lemon.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Bopeng Bekas Jerawat, Manfaatkan 6 Kandungan Skincare Ini

Evelyn Elrica Setiawan, Brand Representative K Natural White mengungkapkan bahwa K Natural White merupakan produk perawatan tubuh yang telah hadir sejak 2021 dan terinspirasi dari kecantikan perempuan Korea yang punya kwang skin, yakni kulit glowing ala Korea.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI