4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Mengelupas, Jangan Sepelekan Pentingnya Minum Air Putih

Masalah kulit mengelupas bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya efek dehidrasi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 14 November 2023 icon 20:30 WIB
4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Mengelupas, Jangan Sepelekan Pentingnya Minum Air Putih

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Kulit wajah sesekali mungkin mengalami pengelupasan akibat proses alami tubuh melepaskan lapisan kulit mati. Namun jika terlalu sering terhadi atau berlebihan, bisa jadi itu merupakan tanda infeksi atau masalah kulit lainnya. 

Bagaimana cara mengatasi masalah kulit mengelupas agar tidak semakin parah? Dirangkum dari siloamhospitals.com, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

1. Penggunaan pelembap wajah

Baca Juga: Tak Cuma Bikin Awet Muda, Perawatan Wajah Ini Bikin Rileks dan Stres pun Mereda

Penyebab utama pengelupasan kulit wajah biasanya adalah kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kulit wajah selalu terjaga kelembapannya. 

Gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Kamu perlu melakukannya untuk mengunci kelembapan pada kulit wajah

Ilustrasi Memakai Skincare (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)
Ilustrasi Memakai Skincare (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kamu bisa memilih pelembap yang mengandung gliserin, dimethicone, minyak jojoba, lactic acid, hyaluronic acid, lanolin, petrolatum, shea butter, dan minyak mineral.

Baca Juga: Hukum Mencukur Alis dalam Islam, Halal atau Haram?

2. Mengaplikasikan tabir surya

Penggunaan sunscreen atau tabir surya juga tidak boleh diabaikan, terutama saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya bermanfaat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari serta mengurangi keparahan kondisi kulit.

Sebaiknya pilih produk tabir surya yang mempunyai sifat waterproof dengan SPF minimal 30. Selain itu, lakukan re-apply setiap dua jam. 

3. Pilih sabun cuci muka yang lembut

Saat kulit mengelupas hingga terasa perih, gunakan sabun cuci muka yang lebih gentle. Ini agar minyak alami di wajah tidak menghilang sehingga kelembapan kulit bisa lebih terjaga dengan baik.

Selain itu, coba gunakan kain yang lembut atau tisu saat mengeringkan wajah. Memakai kain kasar dan menggosokkannya sembarangan pada wajah bisa menimbulkan iritasi dan memperparah kondisi kulit.

4. Biasakan Minum air putih yang cukup

Baca Juga: 5 Klinik Kecantikan Berkualitas dan Terpercaya, Cocok untuk Me Time

Kulit kering dan mengelupas bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi. Oleh karenanya, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Setidaknya minum air putih sebanyak dua liter setiap hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI