Bedak Bayi Aman Dipakai Orang Dewasa atau Tidak? Perhatikan 5 Hal Ini

Apa saja dampak yang mungkin terjadi dari penggunaan bedak bayi pada orang dewasa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 November 2023 icon 08:00 WIB
Bedak Bayi Aman Dipakai Orang Dewasa atau Tidak? Perhatikan 5 Hal Ini

Ilustrasi bedak bayi. (Shutterstock)

Apakah kamu pernah mendengar orang mengaku cuma pakai bedak bayi sebagai makeup andalan? Sayangnya, produk ini ternyata tidak seharusnya diterapkan pada kulit orang dewasa. Mengapa demikian?

Bedak bayi diformulasikan untuk menyesuaikan kondisi kulit bayi. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa dampak negatif dari pemakaian bedak bayi pada kulit orang dewasa. 

Menyebabkan jerawat dan komedo

Baca Juga: Rekomendasi Puff Makeup Berkualitas, Lembut dan Bouncy Banget

Kandungan zinc serta magnesium carbonate pada bedak ini berfungsi menyerap keringat pada bayi. Pada kulit orang dewasa, bisa memicu timbulnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Lebih baik gunakan bedak yang memang cocok atau sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulitmu.

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

Menyumbat pori-pori

Bedak bayi mempunyai partikel-partikel halus yang  bisa masuk ke dalam kulit sehingga menyumbat pori-pori wajah. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya jerawat. 

Baca Juga: Perankan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek, Begini Ribetnya Proses Makeup Dian Sastrowardoyo

Kulit kering

Penggunaan bedak bayi pada kulit orang dewasa juga bisa menyebabkan berkurangnya minyak alami di wajah. Jika dibiarkan, bisa memengaruhi produksi minyak alami yang dibutuhkan kulitmu. Akibatnya, kulit menjadi kering dan kasar hingga berubah lebih sensitif.

Iritasi kulit

Bedak bayi punya kandungan yang bisa memicu alergi, seperti tepung jagung. Inilah mengapa pemilik kulit sensitif mesti cermat dalam memilih produk kecantikan. Reaksi alergi bisa mencakup kulit kemerahan hingga muncul ruam. 

Munculnya bakteri

Jika digunakan pada kulit bayi, bedak bayi bisa menjaga kelembapan kulit. Namun, jika dipakai orang dewasa, rupanya justru dapat memicu kulit yang terlalu lembap hingga rawan pertumbuhan bakteri. 

Baca Juga: Stres Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

Itulah sejumlah dampak negatif penggunaan bedak bayi pada kulit orang dewasa. Lebih baik gunakan produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI