5 Skincare Berbahaya Temuan Badan POM, Termasuk HB Dosting yang Viral

Badan POM merilis 5 produk skincare berbahaya. Apa saja? Yuk simak daftarnya!

By: Risna Halidi icon Senin, 27 November 2023 icon 09:15 WIB
5 Skincare Berbahaya Temuan Badan POM, Termasuk HB Dosting yang Viral

llustrasi skincare krim perawatan dari dokter. (Pixabay/summa)

Badan POM merilis 5 produk skincare berbahaya. Daftar lima produk skincare berbahaya itu didapatkan dari hasil patroli siber yang dilakukan Badan POM selama Januari hingga September 2023.

Salah satunya adalah HB Dosting, produk yang diklaim dapat memutihkan kulit secara instan namun terbukti berbahaya dan dapat menimbulkan reaksi alergi.

Lebih lengkap, berikut daftar produk skincare berbahaya temuan Badan POM:

Baca Juga: Ternyata Ini Skincare Andalan Sophia Latjuba, Rahasia Awet Muda di Usia 50an

1. HB Dosting
Produk skincare ini telah tersebar di ecommerce sampai 1.447 link penjualan. Produk ini berupa hand and body lotion dosis tinggi atau HB Dosting. Badan POM menemukan produk tersebut tidak punya izin edar dan mengandung zat kimia berbahaya berupa hidrokuinon dan steroid.

Kedua zat tersebut sebaiknya tidak digunakan secara bebas, melainkan berdasarkan resep dokter karena memiliki efek samping dan bisa menimbulkan reaksi alergi.

2. Tati Skincare
Badan POM menemukan adanya 1.791 link penjualan untuk produk Tati Skincare di ecommerce. Produk ini juga tidak memiliki izin edar. Sementara kandungan zat kimia berbahaya tercatat berupa merkuri, hidrokuinon, dan tretinoin.

Baca Juga: Skin Minimalism, 3 Skincare Ini Wajib Dipakai untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Penggunaan merkuri sebagai salah satu bahan untuk memutihkan kulit karena mampu menghambat pembentukan melanin atau pigmen kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Namun, dalam penggunaan jangka panjang, efek sampingnya bisa merusak kulit.

3. Tabita Skincare
Link penjualan skincare ini ditemukan lebih banyak dari lainnya, yakni 3.778. Padahal temuan Badan POM menunjukan kalau produk ini positif mengandung merkuri dan hidrokuinon.

4. Krim Diamond
Produk ini tersebar sampai 6.986 link penjualan di ecommerce. Padahal krim wajah berwarna kuning ini positif mengandung merkuri yang bisa merusak tekstur kulit dalam jangka panjang atau saat berhenti menggunakannya.

Baca Juga: 7 Brand Kecantikan Ini Dukung Palestina, Lakukan Donasi hingga Salurkan Bantuan Kemanusiaan

5. Krim HN
Produk ini jadi yang terbanyak link penjualannya di ecommerce, yakni 8.116. Punya berbagai produk perawatan kulit, namun brand tanpa izin edar ini nyatanya mengandung merkuri yang berbahaya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI