2 Jenis Skincare yang Wajib Dibawa saat Mendaki Gunung menurut Penjelajah Perempuan Putri Handayani

Putri Handayani menegaskan, saat mendaki gunung, ia tetap wajib mengenakan minimal dua skincare. Apa saja ya?

By: Risna Halidi icon Senin, 04 Desember 2023 icon 18:30 WIB
2 Jenis Skincare yang Wajib Dibawa saat Mendaki Gunung menurut Penjelajah Perempuan Putri Handayani

Pendaki Putri Handayani (Dok. Instagram)

Sosok Putri Handayani sudah tidak asing lagi dalam dunia pendakian dan penjelajahan. Putri Handayani merupakan pendaki perempuan Indonesia yang sudah menjelajahi banyak gunung tertinggi dunia.

Dalam konferensi pers persiapannya menjelajah Kutub Utara alias Antarktika, Putri menegaskan meski di suhu dingin atau panas, ia tetap wajib mengenakan minimal dua skincare yaitu sunblock dan lip balm atau pelembap bibir.

"Perawatan kulit wajib yang aku bawa itu dua. Wajib sunblock untuk melindungi dari sinar matahari dan lip balm, gak ribet kok," ujar Putri beberapa waktu lalu di Kemang Jakarta Selatan.

Baca Juga: NPURE Rilis Sunscreen Bertekstur Matte, Cocok Buat yang Gemar Aktivitas Outdoor

Putri juga mengungkap fakta banyak orang Indonesia abai memakai sunblock atau sunscreen saat mendaki gunung dengan alasan kulittidak langsung terpapar sinar matahari.

Tapi ia menegaskan sinar matahari tetap bisa menembus kulit bahkan kulit gelap sekalipun, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

"Pikirannya nggak takut kebakar kauak nggak kebakar orang bule karena ini sering anggap sepele. Memang orang bule kulit putih langsung terkelupas padahal yang radiasi tetap radiasi, kita tetap punya risiko kanker kulit," paparnya.

Baca Juga: Pendaki Putri Handayani Tatap Gelar The Explorer's Grand Slam Andai Berhasil Jelajah Artik dan Antarktika

Sehingga Putri berpesan para pendaki untuk tidak menganggap sepele, minimal mengenakan dua sunscreen seperti yang dikenakan perempuan yang bakal mendaki puncak tertinggi dunia, Gunung Everest itu.

"Sunblock dan limp balm, kalau di semua foto baju lengan panjang karena di es kan dingin. Di luar negeri itu jarang yang pakai celana pendek seperti di Indonesia," pungkasnya.

Pendaki Putri Handayani (Dok. Instagram)
Pendaki Putri Handayani (Dok. Instagram)

Sementara itu, pada 9 Desember 2023 mendatang Putri bakal memulai pendakian ke puncak Gunung Vinson yakni gunung tertinggi di Benua Antartika dan menjelajah antartika menggunakan ski.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut ja lebih dulu melakukan persiapan selama berbulan-bulan lamanya dengan menjalani pelatihan di Monte Rosa, Swiss pada 19 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Pelatihan berikutnya, yaitu berupa Polar 8 Training di Chamonix pada 23 Oktober hingga 28 Oktober 2023.

Pelatihan ini terbilang cukup menantang bagi putri, karena selain menjalani proses aklimatisasi atau beradaptasi di atas gunung dengan cuaca dingin dan oksigen menipis.

Adapun Putri sudah berhasil menjangkau enam puncak tertinggi dunia dan Artik atau Kutub Selatan. Namun ia belum mencapai puncak Gunung Everest dan menjelajah Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Baca Juga: Skincare Lokal Pendatang Baru Ini Gunakan Ekstrak Oat Kernel, Apa Sih Manfaatnya?

(Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI