Perawatan Rambut Rontok, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan untuk meningkatkan efektivitas perawatan rambut rontok.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 15:00 WIB
Perawatan Rambut Rontok, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Ilustrasi perempuan dengan masalah rambut rontok (Freepik/benzoix)

Banyak orang berjuang mengatasi kerontokan rambut. Kerontokan parah bisa menyebabkan kebotakan, terutama jika mencapai lebih dari 100 helai rambut per hari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara perawatan rambut rontok yang tepat.

Biasanya, kerontokan disebabkan kurangnya asupan gizi sehingga rambut akan tumbuh lebih tipis dan rapuh. Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut, khususnya pada wanita hamil, penderita gangguan tiroid, ataupun perempuan yang mulai masuk fase menopause.

Sering mengganti produk sampo juga dapat menyebabkan rambut semakin menipis sehingga mudah rontok. Hal ini disebabkan campuran bahan kimia yang menyerap ke dalam rambut.

Baca Juga: 7 Perawatan Rambut Bercabang, Pilih Produk yang Tepat hingga Perbaiki Asupan Nutrisi

Ada banyak produk perawatan rambut rontok yang beredar di pasaran. Kamu pun bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut di klinik kecantikan, bahkan menjalani transplantasi rambut.

Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)

Meski begitu, ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rambut rontok.

Hindari sering keramas

Baca Juga: 6 Tips Rambut Lebat dan Tumbuh Panjang Lebih Cepat, Pola Makan Juga Berpengaruh

Banyak yang mengira bahwa sering keramas dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Nyatanya, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Keramas terlalu sering malah dapat menyebabkan rambut rontok, kering, mudah patah dan membuatnya menjadi lebih tipis.

Gunakan minyak rambut

Penggunaan minyak rambut juga dapat membantu mengurangi kerontokan. Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang akan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kamu dapat mengoleskan minyak pada kulit kepala secukupnya. Pijat dengan gerakan lembut dan memutar.

Lidah Buaya

Lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya perawatan rambut rontok. Bahan alami ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat ini peroleh berkat adanya kandungan zat besi, protein serta vitamin A dan D.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung zat besi, kalsium, serta vitamin A, C, D, E dan K. Semua kandungan tersebut bermanfaat membantu mengurasi rambut rontok.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Perawatan rambut rontok bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin baik untuk mencegah anemia dan malnutrisi.

Hindari Terlalu Sering Hair Styling

Kebiasaan mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut dapat menyebabkan kerontokan. Paparan bahan kimia dan panasnya alat hair styling bisa membuat rambut menjadi rusak, kering, bahkan memicu iritasi kulit kepala.

Konsultasi Dokter

Jika beberapa perawatan rambut rontok di atas sudah diterapkan, tetapi kondisinya tak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Baca Juga: 3 Cara Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer, Lebih Sehat dan Tidak Bikin Kusut

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum menentukan solusi yang paling tepat untuk permasalahanmu. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI