6 Tips Perawatan Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

Tidak harus pergi ke salon, inilah beberapa langkah perawatan rambut kering yang bisa dilakukan di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 17:00 WIB
6 Tips Perawatan Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi perempuan memiliki rambut yang tidak sehat. (Freepik/cookie_studio)

Rambut kering adalah masalah serius yang dihadapi banyak orang. Mereka bahkan rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan perawatan rambut kering terbaik.

Selain sulit disisir, rambut kering bisa menyebabkan rambut kusut dan bertekstur kasar. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada berbagai perawatan rambut kering yang bisa dilakukan di rumah.

Dilansir dari Dermaessentia.com, perawatan rambut kering dapat dilakukan di rumah. Kamu tidak harus pergi ke salon dan mengeluarkan biaya yang mahal.

Baca Juga: Pria Ini Bagikan Pengalaman Potong Rambut Tak Sesuai Harapan, Kisahnya Malah Bikin Mewek

Ilustrasi perempuan dengan masalah rambut rontok (Freepik/benzoix)
Ilustrasi perempuan dengan masalah rambut kering (Freepik/benzoix)

Gunakan Minyak Alami

Siapkan panci berukuran sedang. Hangatkan masing-masing dua sendok makan minyak almond, minyak jojoba, minyak zaitun dan minyak kelapa. Jangan biarkan minyak terlalu panas karena dapat merusak kulit kepala.

Setelah terasa hangat, mulailah oleskan kombinasi minyak tersebut pada rambut. Lalu, bungkus rambut dengan handuk selama 30 menit.

Baca Juga: Nyesek! Sudah Bayar Rp1,5 Juta di Salon, Gaya Rambut Wanita Ini Malah Bikin Nangis

Selama proses ini, rambut akan terhidrasi dengan baik. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci rambut dengan sampo yang lembut

Masker Lidah Buaya

Siapkan dua sendok carrier oil, empat sendok makan lidah buaya dan tiga sendok makan yogurt. Campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam sebuah mangkok khusus.

Oleskan masker mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan sampo dan air hangat.

Masker Rambut Alpukat dan Pisang

Gunakan masker yang terbuat dari alpukat dan pisang yang telah haluskan. Pastikan kedua buah ini benar-benar halus agar kandungannya bisa terserap dengan baik.

Setelah masker rambut alami diaplikasikan merata, diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas rambut dengan sampo dan air hangat.

Bilas Rambut dengan Cuka Apel

Usapkan kondisioner ke seluruh rambut kamu, lalu bilas dengan air biasa hingga bersih. Setelah itu, campurkan sampo dan cuka apel dalam sebuah wadah.

Kamu bisa menggunakan racikan tersebut seperti saat keramas. Perpaduan dua bahan ini mampu menambah kilau pada rambut. Rambut kering pun bisa diatasi dengan menggunakan cara ini.

Menggunakan Uap untuk Menghidrasi

Uap dapat membuat kutikula terbuka sehingga membantu menjaga kelembapan dan menghidrasi rambut.

Cukup oleskan kondisioner pada rambut yang sudah dicuci, tutupi dengan shower cap, kemudian bungkus dengan handuk basah hangat.

Masker Rambut dari Telur

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut yang terbuat dari telur. Caranya, kocok tiga kuning telur hingga berbusa, lalu tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan tiga tetes minyak vitamin E.

Sebelum mengoleskan campuran bahan tersebut, kamu mesti keramas terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan masker rambut secara merata. Diamkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Gagal Menikah, Wanita Ini Mengamuk di Salon karena Uang Tak Dikembalikan

Itulah beberapa langkah perawatan rambut kering. Sangat mudah, kan? Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI