Tak Disangka, Inilah Sosok Berpengaruh di Balik Kesuksesan Ivan Gunawan

Sosok inilah yang membuat Ivan Gunawan bisa menjadi desainer papan atas seperti sekarang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 13 Desember 2023 icon 19:00 WIB
Tak Disangka, Inilah Sosok Berpengaruh di Balik Kesuksesan Ivan Gunawan

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Kiprah Ivan Gunawan di dunia mode jelas tidak perlu diragukan lagi. Desainer satu ini telah melahirkan banyak karya yang tidak hanya mendapat pengakuan dari masyarakat Indonesia, tetapi juga internasional.

Kesuksesan tidak diraih Ivan Gunawan secara instan dan tentunya penuh lika-liku. Menariknya, ternyata pria yang kini juga dikenal sebagai presenter kondang ini ternyata tidak pernah sekolah mode secara formal.

"Aku sampai hari ini nggak pernah sekolah desain, jadi bener-bener autodidak," ungkap Ivan Gunawan, dikutip dari video unggahan kanal YouTube Ini TalkShow pada 16 April 2022 lalu.

Baca Juga: 5 Koleksi Tas Ibunda Ivan Gunawan, Terbukti Melek Mode Seperti Anaknya

Dalam tayangan Youtube Diary Rintisan by Finfolk, Ivan juga menyebut sosok yang sangat berpengaruh dalam perjalanan kariernya. Orang itu dimaksud adalah Adjie Notonegoro, paman Ivan Gunawan yang merupakan desainer kawakan Indonesia.

Lulus SMA tahun 2000, Ivan mulai belajar mode dengan menjadi asisten sang paman. Dia bahkan masih ingat berapa penghasilannya kala itu.

"Alhamdulillahnya keringat aku sudah bisa dihargai Rp750 ribu sebulan, tapi balik lagi namanya kerja sama sodara, kalau dia inget transfer, kalau engga yaudah namanya kerja sama saudara," tuturnya.

Baca Juga: Gaun Adiba Khanza Karyanya Viral, Ternyata Segini Honor Ivan Gunawan saat Awal Jadi Desainer

Dilansir dari Suara.com, dalam bukunya yang berjudul "Aku Berkarya dengan Cinta", Ivan Gunawan mengungkapkan bahwa saat itu keluarga yang berlatarbelakang pegawai negeri belum memang belum bisa memiliki rumah sendiri. 

Mereka tinggal di tempat sang paman di kawasan Kebayoran Baru. Rumah tersebut memiliki butik yang terletak di lantai bawah, sedangkan lantai atas merupakan tempat para penjahit bekerja.

Ivan Gunawan terus mengasah kemampuannya merancang busana. Perlahan tapi pasti, dia berusaha melepaskan diri dari bayang-bayang pamannya dan memulai bisnisnya secara mandiri.

"Jadi aku harus bekerja di tempat yang lain dari awal karier aku, aku bisa bekerja, atau berpikir, banyak yang aku pikirin, banyak yang aku kerjain setiap hari jadi aku multitasking," ujar Ivan Gunawan.

Semua perjuangan itu menempa dirinya menjadi sosok yang kuat. Ivan Gunawan pun bersyukur, Tuhan juga memberinya banyak pintu rezeki saat ini. Bukan hanya sebagai desainer, tetapi juga entertainer.

Baca Juga: Tak Hanya Adiba Khanza, Ivan Gunawan Merancang Gaun Pernikahan untuk 5 Artis Ini

"Jadi dari kerja sama paman. Akhirnya, kebetulan aku orang suka ngomong, suka lucu, suka bercanda waktu itu. Aku punya pintu rejeki yang alhamdulillah Tuhan titipin yang agak banyak," ucapnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI